by

Mr.Kan: Pak Luhut, Dollar Kuat Rupiah Lemah Ada Sebabnya, Bukan Otomatis

Mr Kan, pengamat hukum dan politik
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Saya menanggapi penyampaian Bapak Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan alias LBP yang menyampaikan rupiah tak melemah, akan tetapi dollar yang menguat.
Mengapa Bapak Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan Yth Kok Bisa Ikut-Ikutan Jelasin Soal Kurs DOLLAR AS ya? Ada Apa Ya? Secara Ilmu Ekonomi Yang Saya Pelajari, Apa Yang Di Sampaikan Pak Luhut Ini, Menurut Saya Tidak Nyambung Atau Tidak Cocok.
Pak Luhut yth, Menguatnya Dollar dan melemahnya rupiah Ada Sebab Akibatnya.Bukan Seolah-olah sepihak dollar menguat otomatis seperti sugesti awam, Rupiah bukan hanya keok membandingkan Dollar AS, Namun juga keok membandingkan mata uang dunia terutama negara maju seperti Dollar Singapore ,Euro, dan lain sebagainya.
Penyebab-penyebab menurunnya nilai rupiah adalah, Karena Negara Republik Indonesia sebagai Pemilik mata uang Rupiah Ekonominya Terus menurun atau melemah Yakni : Beban Hutang Terus Meningkat, suku bunga tinggi sehingga tidak imbang, Cadangan devisa negara yang terus menurun, Ekspor terus menurun dan Impor terus meningkat, terus menerus mengalami defisit, perusahaan BUMN yang terus menerus merugi, Perusahaan BUMN yang sudah terjual dan yang berencana dijual.
Dan juga seperti efek Faktor kepercayaan pihak investor asing yang menurun karena kurangnya kepastian hukum yang adil, Situasi politik yang berpotensi krisis, Kemiskinan yang semakin meningkat dapat dilihat dari daya beli yang sangat lemah karena biaya hidup yang serba mahal, sedangkan angka UMR yang tidak sebanding dengan biaya hidup untuk sejahtera, rata-rata SDM dan pendidikan yang masih kurang berkualitas belum mampu bersaing dan lain sebagainya.
Sehingga Rupiah Semakin Menurun Harganya Jika Di Kurs Ke Mata Uang Internasional Dollar AS dan mata uang negara maju lainnya, Jadi sekali lagi penyebab utama melemahnya rupiah dikarenakan faktor internal, faktor eksternal juga karena kita belum mampu bersaing secara positif dalam banyak hal seperti ekonomi, Hukum dan Politik.
Solusinya jika mengiginkan nilai mata uang rupiah meningkat jadi kuat, segera perbaiki kebobrokan internal, jangan ada lagi praktek hukum pilih kasih dan berbagai unsur kepura-puraan dan kebohongan-kebohongan.[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 15 =

Rekomendasi Berita