by

Palembang Masih Kekurangan Jumlah Sekolah

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, ketika ditemui usai acara peresmian gedung baru SMPN 33 kota Palembang.[Iwan/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, PALEMBANG – Pesatnya perkembangan populasi jumlah penduduk dikota Palembang, membuat kebutuhan sarana pendidikan yakni SMP dan SD dikota ini semakin mengalami kesenjangan. Ketersediaan sekolah masih dibilang saat kurang kalau dibandingkan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.Hal ini dikatakan Herman Wijaya Selaku Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, usai acara peresmian gedung baru SMPN 33 Kota Palembang, Kamis (18/012018).
Dijelaskan Herman, ada beberapa wilayah yang ada di Kota Palembang masih kekurangan sekolah untuk SMPN seperti , seperti wilayah Talang Jambe, Borang dan wilayah yang jauh dari pusat kota,Dana untuk SMP pasti dari APBD kota, kita sudah lepas dengan provinsi. Jadi kita berusaha dengan dana sekolah karena sekolah melalui komite-komite, bagaimana kebijakan pintu terbuka kalaupun tadi seperti SMP 14 ada sumbangan dari wali murid, sumbangan dari orang tua siswa silakan itu diperbolehkan. 
Disampaikan Herman,” Tahun ini Dinas Pendidikan Kota Palembang berencana membangun sekolah baru yaitu SMPN 61 dan pembangunan gedung baru untuk SMPN 60 , karena dilokasi tersebut sangat kekurangan SMP Negeri.
Jumlah Sekolah Dasar (SD) yang ada mencapai 248 yang ditambah dengan sekolah swasta dan madrasah , sedangkan untuk SMPN hanya 60 Sekolah , ini yang menjadi tidak seimbangnya antara SD dan SMPN ditambah lagi dengan popularitas perkembangan penduduk, sesuai pemetaan Disdik jumlah SD Negeri harus seimbang dahulu dengan SMPN.
Kedepan tidak hanya di Kecamatan Sematang Borang saja akan dibangun SMP Negeri baru, melainkan di tiap kecamatan yang tidak ada SMP Negeri nya akan dibangun juga. Pembangunan ini pun tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada bantuan Pemerintah Kota Palembang, maupun peran masyarakat untuk kemajuan pendidikan di Kota Palembang”. Tegas Herman.(Iwan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 1 =

Rekomendasi Berita