by

Papua Akan Bangun Gedung Beras Sebesar 5.000 Ton Di Merauke


RADARINDONESIANEWS.COM, PAPUA -Pemerintah Provinsi Papua mengagendakan pembangunan satu unit gudang penampungan beras di Kabupaten Merauke yang memang menjadi daerah lumbung pangan di Papua.

“Melalui kebijakan gubernur, di 2016 kita akan bangun gudang beras di Distrik Kurik, dengan kapasitas penampungan 5.000 ton,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan hortikultura di Jayapura, Minggu (3/1).

Dijelaskannya, gudang yang dibangun tersebut nantinya akan dipinjamkan kepada Bulog Divisi Regional Papua yang selama ini aktif membeli hasil produksi petani di Merauke.

“kalau itu jadi Bulog akan memanfaatkan gudang itu untuk menampung beras,” ucap dia.

Menurut Siriwa, salah satu kendala yang dimiliki Bulog dalam upaya penyerapan beras dari para petani di Merauke adalah karena keterbatasan daya tampung gudang.

“Di Merauke Bulog tidak bisa menampung baik beras dari petani karena dia punya gudang juga terbatas, kalau tidak salah hanya berkapasitas 11.500 ton saja. Jadi kalau gudangnya tersedia banyak, maka seluruh produksi petani dia bisa tampung sebanyak-banyaknya,” katanya.

Terlebih Pemprov Papua kini juga telah mengagendakan pembelian satu unit kapal yang rencananya akan difungsikan untuk mendistribusikan beras dari Merauke ke seluruh wilayah Papua, khususnya di kawasan utara.

“Apa lagi nanti akan ada kapal yang sedang dirancang oleh Dinas Perhubungan sehingga beras dari selatan bisa dikirim ke utara,” ujar Siriwa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + six =

Rekomendasi Berita