by

Penanggulangan Kemiskinan di Sleman

RADARINDONESIANEWS.COM, SLEMAN — Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Sleman, hari ini menandatangani berita acara kesepakatan Rencana Aksi Daerah (RAD) penanggulangan kemiskinan dan pemanfaatan sistem data kemiskinan.
Kegiatan yang berlangsung di aula Bappeda Sleman ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman.
Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, mengapresiasi dan mendukung penuh upaya tersebut. “Saya yakin dengan adanya kerja sama dari semua pihak, angka kemiskinan di Kabupaten Sleman dapat diturunkan,” kata Sri Muslimatun, yang mengaku siap terjun langsung dalam upaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman.
Wabup Sleman merasa merinding ketika membayangkan kalau hal ini bisa tercapai. “Artinya, ada sesuatu yang dapat kita perbuat untuk Kabupaten Sleman dan saya siap terjun langsung bersama-sama untuk menurunkan angka kemiskinan,” ucap Sri Muslimatun.
Meski begitu, Sri Muslimatun, mengatakan, upaya ini tidaklah mudah. “Harus ada sinergi antar stakeholder yang mempunyai cita-cita yang sama dalam memberantas kemiskinan di Kabupaten Sleman.” 
Maka, Wakil Bupati Sleman berharap kepada Kepala Perangkat Daerah dan Camat untuk dapat mendukung program ini dengan komitmen tinggi.
“Masalah kemiskinan ini kita keroyok bareng-bareng dan saya yakin kita bisa,” jelas Sri Muslimatun.
Sebelumnya, Kepala Bappeda Sleman, Kunto Riyadi, menjelaskan, jumlah KK miskin di Kabupaten Sleman menunjukkan penurunan sejak lima tahun terakhir, yaitu dari tahun 2013 sampai 2017. 
Pada tahun 2017 ada 9,84 persen. Sedangkan di tahun 2018 ini ditargetkan turun menjadi 9,35 persen. Dan pihaknya menargetkan prosentase kepala keluarga (KK) miskin pada tahun 2021 sebesar 8 persen saja.
“Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya agar target tersebut bisa tercapai sebelum periode berakhir,” kata Kunto.
Berita acara kesepakatan pelaksanaan RAD penanggulangan kemiskinan itu ditandatangani oleh 12 Kepala Perangkat Daerah kunci, diantaranya Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas P3AP2KB, Dinas PUKP, Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Dinas PMD dan 17 Camat se-Kabupaten Sleman. (Affan)

Comment

Rekomendasi Berita