by

Polres Pangkep Aplikasikan Program Polisi Care Di Lokasi Angin Puting Beliung

RADARINDONESIANEWS.COM, SULSEL – Polres Pangkajene kepulauan, Sulawesi-Selatan kembali mengaplikasikan program polisi care dengan memberikan bantuan kepada para korban bencana alam puting beliung yang meluluh lantakkan Desa Tamarupa, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep pada hari Kamis, (24/12) 2015 lalu. 
 
Hal ini diakui Kapolres Pangkajene Kepulauan, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK.MH merupakan wujud sinergitas aparat Polri, TNI-AD dan satuan Karya Pramuka untuk bersama-sama meringankan beban para korban bencana. 
 
Sedikitnya, 45 unit rumah pemukiman warga dilaporkan mengalami kerusakan parah dalam peristiwa angin puting beliung yang terjadi pada hari Kamis, (24/12) 2015, sekira pukul 15 : 15 Wita kemarin. 
 
Meski tdak sempat menelan korban jiwa. Namun kerugian akibat bencana ini ditaksir mencapai 1, 5 Milyar rupiah, ujar mantan Kasat PJR Polda Sulselbar, Moh. Hidayat. Dia menjelaskan, aparat kepolisian Polres Pangkep bersama segenap instansi terkait telah membangun posko bantuan bencana alam yang dipusatkan di Desa Tamarupa, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep. 
 
Sampai dengan hari Minggu, (03/01) 2016, Posko Bantuan Bencana Alam yang terletak di Kampung Tamarupa Barat, Desa Tamarupa, Kecamatan Mandalle telah menampung berbagai jenis bantuan mulai dari bantuan logistik obat-obatan, bantuan makanan, pakaian layak pakai, selimut, dan bahan baku pembuatan rumah bagi para korban bencana angin puting beliung. 
 
Mantan Kapolres Kepulauan Selayar tersebut menambahkan, posko bantuan bencana alam yang dipusatkan di Desa Tamarupa, telah mengumpulkan bantuan uang tunai senilai Rp. 58. 586.000. Dari total bantuan yang diterima dari para donatur, Posko Bantuan Bencana Alam telah mengeluarkan uang sebesar Rp. 38.000.000 yang diperuntukkan untuk menutupi keperluan konsumsi posko dan biaya pembelian 12 kubik balok, hingga masih tersisa kas sebesar Rp. .17.586.000 .
 
Selain mengumpulkan dan menyalurkan bantuan kepada para korban bencana, posko bantuan penanggulangan bencana alam juga turut mendistribusikan bantuan puluhan lembar tenda dengan ukuran yang bervariasi mulai dari ukuran : 3×4, 3×5, 4×6, 5×6, 5×7, 8×6. 
 
Posko bantuan bencana alam telah menerima dan mendistribusikan 4 lembar bantuan tenda ukuran 3×4, satu lembar tenda ukuran 3×5, dua puluh enam lembar tenda ukuran 4×6, dua puluh lembar tenda berukuran 5×6, lima lembar tenda ukuran 5×7 dan dua lembar tenda ukuran 8×6, 
 
Bantuan tenda-tenda tersebut kata Hidayat diharapkan dapat bermanfaat untuk menampung sementara para korban bencana sambil menunggu rampungnya kembali rumah mereka yang rusak diterjang angin puting beliung. Posko bantuan bencana alam bahkan telah mendistribusikan dua puluh sembilan lembar bantuan tenda berukuran 8×6 dari organisasi Palang Merah Indonesia (PMI, red). 
 
Sejauh ini, situasi Posko Bencana Alam Angin Puting Beliung Kampung Tamarupa Barat, Desa Tamarupa, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkajene Kepulauan tetap dalam kondisi kondusif, aman dan terkendali, kunci sosok kapolres penyelamat lingkungan laut yang telah merai berbagai jenis penghargaan itu. (fadly syarif)

Keterangan Gambar : Kapolres Pangkep, Sulawesi-Selatan, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK.MH Meminpin Langsung Penyaluran Bantuan di Lokasi Musibah Angin Puting Beliung di Desa Tamarupa, Kecamatan Pangkajene Kepulaua.[ZUL]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =

Rekomendasi Berita