by

Potensi Wisata Desa Darungan Butuh Infrastruktur Yang Memadai

Wisatawan domestik saat  berlibur di air tejun.[Joko/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Desa Darungan memiliki potensi wisata alam yang belum tentu bisa ditemukan di pulau Jawa yaitu air terjun yang oleh wisatawan domestik maupun mancanegara menyebutnya dengan air terjun dari langit.
Sebutan air terjun jatuh dari langit tentu membuat penasaran bagi orang yang belum melihatnya, Julukan tersebut disebabkan oleh ketinggian air terjun yangt lebih dari tujuh meter dari permukaan tanah,
Bahkan apabila kabut menyelimuti Desa Darungan kita akan melihat air terjun tersebut seolah olah keluar dari gumpalan awan, Namun saat ini Kepala Desa Darungan kesulitan untuk melakukan pengembangan potensi wisata tersebut  disebab oleh kurangnya infrastruktur dan skes yang belum menunjang,
Kepala Desa Darungan, H.Kulsum Efendy saat diteemui pers di kediamannya mengatakan, sebetulnya wisata di Desa Darungan sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara sebab kemarin sudah ada turis dari luar negeri mengunjungi tempat wisata tersebut namun terkendala untuk mengembangkan potensi wisata tersebut dalam hal infrastruktur jalan.
Persoalan infrastruktur jalan menjadi faktor penunjang utama bagi potensi wisata sebab apabila wisata tanpa ditunjang fasilitas dan akses mobilitas yang tidak memadai sudah bisa dipastikan akan kesulitan untuk mengembangkan sektor pariwisata,
Disinggung tentang panjangnya jalan yang membutuhkan perbaikan, H. Kulsum mengatakan bahwa kerusakan jalan diprakirkan sekitar tujuh kilo meter. Terdapat tiga dusun diantaranya, Dusun Jumatan, Dusun Gondang dan Dusun Sumber Bulus. Sementara jalan rusak yang menuju tempat wisata adalah Dusun Gondang.
Kepala Desa Darungan berharap agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten bisa mengembangkan potensi wisata alam di Desa Darungan dengan membangun fasilitas ifrastruktur jalan yang kurang memadai.
“Bila potensi wisata alam tersebut berkembang maka kesejahteraan masyarakat Desa Darungan akan mengalami peningkatan.” Demikian imbuhnya.(JK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − sixteen =

Rekomendasi Berita