by

Proyek Pengembalian Fungsi Embung Langensari Hampir Selesai

Embung Langensari.[Foto:radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, YOGYAKARTA – Proyek pemulihan embung Langensari di Kecamatan Gondokusuman hampir selesai. Embung yang memiliki luas kurang lebih satu hektare ini akan menjadi satu-satunya embungdi Kota Jogja. Proses pemasangan tiang-tiang lampu dipinggir-pinggir embung dan tiang pembatas sebagai pengaman jugahampir selesai.

Menurut Joko, salah satu pekerja di embung Langensari mengatakan,’’nantinya, tempat ini bukan hanyauntuk memulihkan fungsi embung, tapi juga menjadikan ruang terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat’’.

Akan tetapi, proses pemanfaatan ruang terbuka hijau oleh masyarakat diharapkan bisa saling menjaga, terutama kebersihan lingkungan disekitar embung. Penanaman sikap menjaga lingkungan dan pemahaman masyarakat tentang fungsi embung sangatlah diperlukan. Jangan sampai proyek yang sudah mengeluarkan biaya dan waktu berbulan-bulan ini hanya terlihat indah sesaat dan tak berfungsi lama.

Fungsi embung salah satunya adalah untuk menjaga mutu dan kualitas air bawah tanah. Jadi diharapkan dengan berfungsinya kembali Embung Langensari, kedepannya mutu dan kualitas air bawah tanah di Kota Yogyakarta akan menjadi lebih baik.[M.Nap)

Comment

Rekomendasi Berita