by

Nias Barat Tandatangani MOU Dengan GB Global Corpn Pte Ltd Singapore

Penandatanganan MOU Pemkab Nias Barat dan GB Global Corp Pte.Ltd.[Gulo/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan perusahaan asal Singapore GB Global Corpn Pte Ltd dilaksanakan di Tokosa Hall Nias Barat, Rabu (02/11)

Ketua Tim fasilitasi Khenoki Waruwu yang juga sebagai Wakil Bupati Nias Barat mengatakan syukur dan terima kasih kepada semua pihak, sehingga tahap awal kerja sama antara Pemkab Nias Barat dengan GB Global Corpn Pte Ltd dalam hal penandatanganan MOU dapat dilaksanakan.

Khenoki lebih lanjut menjelaskan bahwa ada beberapa kegiatan yang akan diikat dalam satu kerja sama yakni ; Proyek Devortasi perkebunan singkong dan pembangunan pabrik tapioka, Pembangunan Kota Baru, Pembangunan Jalan sepanjang 40 Km serta pembangunan pembangkit tenaga listrik di dua lokasi dan pembangunan 200+100 unit rumah penduduk sebagai kompensasi bagi pemilik lahan.

Sementara itu, Mr. Ong Direktur GB Global Corpn Pte Ltd pada sambutan sekaligus paparannya mengatakan, kalau timnya merasa bangga serta berterimakasih kepada Pemkab Nias Barat dan juga DPRD serta seluruh masyarakat atas sambutan luar biasa yang menurutnya patut diapresiasi.

Menurut Mr. Ong bahwa pihaknya dalam menindaklanjuti proyek tersebut sangat mengharapkan kerjasama yang baik secara menyeluruh oleh semua pihak seperti halnya dalam pembangunan jalan sepanjang 40 Km dengan lebar 30 Meter sehingga nantinya akses jalan dari Nias Barat menuju Bandara Binaka, dapat ditempuh dengan waktu 30 menit perjalanan.

Selain itu, juga dilakukan pembangunan lainnya seperti pembangunan defortasi lahan perkebunan singkong dan pabrik tapioka yang dapat menyerap tenaga kerja hingga 3.000 pekerja, serta pembangunan Kawasan Kota Baru (KKB) dan juga pembangunan Hotel, Apartemen, pembangkit listrik, sekolah dan pembangunan perumahan rakyat.

Dalam hal pelaksanaan pembangunan tersebut di atas, menurut Mr. Ong sebagai insvetor tentunya dihadapkan pada berbagai tantangan yang harus dihadapi bersama, maka dengan itu, Mr. Ong mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan agar saling mengerti dalam hal melanjutkan kerjasama di berbagai bidang ke depan, dengan menaruh kepercayaan sepenuhnya kepada Pemkab Nias Barat, sementara mengenai mekanisme dan tehknik, pihak insvetor telah menyiapkan arsitek berpengalaman yaitu Mr. Ramon yang nantinya sebagai design pembangunan Kawasan Kota Baru.

Ketua DPRD Nias Barat Ir. Nitema Gulo, M. Si dalam sambutannya atas nama mayarakat di Lembaga DPRD bahwa pihaknya menyambut dan mendukung sepenuhnya kerjasama antara insvetor dan Pemkab Nias Barat yang berupaya dalam mengoptimalkan pembangunan di Sektor Pariwisata dan Sektor Kelautan yang merupakan sebagai terobosan untuk percepatan pembangunan Kabupaten Nias Barat.

Sementara itu, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd pada arahan dan bimbingannya bahwa ada beberapa hal yang harus di kedepankan yaitu ; Penandatanganan MOU dan Nota Kesepahaman antara Pemkab Nias Barat dengan GB Global Corpn Pte Ltd yang merupakan langkah awal bukti nyata bahwa Pemkab Nias Barat terbuka terhadap siapapun untuk menjalin kerjasama dalam memajukan Nias barat.

 
Selain itu, Bupati berharap kepada insvetor untuk tidak ragu tentang kesiapan masyarakat dalam mendukung program pembangunan yang akan dilaksanakan dan secara khusus kepada seluruh elemen masyarakat Nias Barat, untuk melupakan perbedaan pendapat sekaligus untuk tidak berburuk sangka, tapi mari secara bersama-sama mensosialisasikan program pembangunan raksasa ini karena kalau tidak, maka akan lari dan menjadi berkat bagi orang lain. (S.Gulo)

Comment