by

PSK Cina Terjaring Razia Bertarif Sampai Rp 5 Juta

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 76 orang wanita warga negara Cina terja ring razia oleh Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada malam pergantian tahun baru.

Direktur Penyidikan dan Penindakan Dirjen Imigrasi Yurod Saleh mengatakan, sebanyak 76 orang wanita warga negara Cina melakukan pelanggaran keimigrasian dengan bekerja di sejumlah tempat hiburan malam. Awalnya, ada 92 wanita asal Cina yang diamankan, namun 16 lainnya berhasil melarikan diri.

“Mereka bekerja sebagai terapis pijat, pemandu lagu, serta pekerja seks komersial (PSK),” kata Yurod di Kantor Dirjen Imigrasi, Kemenkumham, Jakarta, Minggu (1/1/2016).

Dalam kegiatannya, wanita asal Cina yang usianya berkisar 18-30 tahun itu bertarif jutaan rupiah. “Mulai dari dua juta delapan ratus sampai dengan lima juta rupiah,” jelas Yurod.

Dalam operasi itu, turut diamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, 92 buah paspor kewarganegaraan Cina, kwitansi atau bukti pembayaran, uang dengan nominal sekitar Rp 15 juta, telepon genggam, tas, pakaian dalam, dan alat kontrasepsi.

Untuk wanita warga negara Cina yang melanggar keimigrasian itu, akan dijatuhi hukuman mulai dari membayar denda, deportasi, hingga hukuman kurungan maksimal 5 tahun karena telah menyalahi izin yang dimiliki.[TB]

Comment

Rekomendasi Berita