by

Ramadhan Mengajarkan Kita Untuk Merasakan Kesulitan Orang lain

Furqon Bunyamin Husein
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Ramadhan memiliki ragam sebutan dan salah satunya adalah sebagai bulan kepedulian sosial. Hal ini terimplementasikan dengan sebuah kewajiban menunaikan zakat bagi kaum muslim kepada si fakir miskin.
Zakat memiliki kekuatan nilai persaudaraan yang dapat merangkul kebersamaan antar sesama umat dan juga kemanusiaan. Zakat, memang sejatinya diberikan dan diutamakan kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi dan tinggal di wilayah di mana zakat dikumpulkan namun tidak menutup kemungkinan bahwa zakat diberikan kepada mereka yang berada di luar wilayah di mana zakat dihimpun.
Pada era pemerintahan Umar Bin Abdul Aziz, zakat diberikan ke negara Afrika karena kondisi ekonomi masyarakat Arab saat itu surplus dengan income per kapita yang tinggi dengan neraca Baitul Maal yang super stabil.
Dalam konteks seperti ini, zakat menjadi pengikat dan rasa kebersamaan yang begitu kuat dengan dampak positif terhadap kehidupan dan ekonomi sosial. Inilah sebenarnya hakikat yang menjadi efek dan capaian seorang muslim di tengah kehidupan ekonomi masyarakat yang semakin memprihatinkan.
Lebaran atau Iedul Fitri tidak lebih hanya sebagai mercusuar dan penanda bagi sebuah kemenangan bahwa semua pesan dan perintah kebaikan dari yang Mahapencipta berupa puasa dan zakat telah dijalankan semaksimal mungkin.
Ramadhan menjadi bulan pembekalan kepada umat Islam untuk selalu peduli kepada mereka yang lapar. Zakat menjadi obat mujarab yang dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan. 
Ingatlah bahwa Ramadhan telah mengajarkan kita untuk selalu memberi perhatian kepada sesama untuk merasakan apa yang fakir miskin rasakan. So? Ramadhan harus tertanam dalam diri agar rasa lapar menghias perjalanan hidup seorang muslim dan dengan zakat, kepedulian antar sesama semakin kuat mengikat. []

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + eleven =

Rekomendasi Berita