by

Resensi Buku Bunga Rampai Kontributor PWMU.Co Dahlansae

 

IDENTITAS BUKU

Judul : Bunga Rampai Liputan Berita PWMu.Co (2018 – 2020)
Penulis : Dahlansae Nikmal Abdu
Penerbit : Kanzun Books Sidoarjo Jawa Timur
Tahun terbit : 2021
Jumlah halaman : 447 halaman

Sinopsis

Penyusunan buku Bunga Rampai Liputan Berita PWMu.Co ini berisi berita-berita aktual visioner, bukan gosip murahan, bukan berita hoax, karena terdapat Nash Alquran maupun hadits, dalil naqli dan aqli dari sejumlah liputan kegiatan kajian, kegiatan dakwah yang terjadi di wilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Namun tersaji pula sejumlah kegiatan wakil ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Bupati Kabupaten Kediri serta wawancara dari luar negeri seperti dari Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan, kegiatan Syekh Amir Taufik Husein Al Hundah dari Palestina, maupun kegiatan dakwah dari Kerajaan Malaysia.

Terdapat juga kunjungan Bupati Kediri ke Panti Asuhan Muhammadiyah Pare, kegiatan kajian ahad pagi, kegiatan kajian Senin malam Selasa yang melegenda di kota Pare yang disamarkan oleh antropologi asal Amerika Vlifford Geertz dengan menyebut Mojo Kutho untuk kota Pare, bahkan dia menyusun sejumlah buku sebagian besar dipergunakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menjadi kebijakan luar negerinya.

Dinamika serta hiruk pikuk Pasar Induk Pare Kediri tidak luput dari pantauan penulis, tidak ketinggalan penulis juga mencatat perkembangan desa tempat tinggal penulis ketika berlangsung Pemilihan Kepala Desa rasa pilpres, serta kebijakan Pemerintahan Desa setelah dilantik dan seminar Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia di kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Jalan Kertomenanggal Gang 1/4 Surabaya, dihadiri oleh mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas juga sempat penulis catat.

Buku ini menjadi menarik untuk dibaca karena dilengkapi pula testimoni Ketua Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Ustad Hari Wahyudi, serta dari komisioner KPU Kabupaten Kediri 2024-2029 DR Agus Haryono dan staf ahli Komisi Luar Negeri DPR RI Nu’man Iskandar.

Kelebihan buku ini disajikan dengan gaya penulisan yang mudah dipahami karena sangat hidrogen berisi liputan berita PWMu.CO 2018 hingga akhir 2020 tulisannya mudah cerna dan ada sisi dakwah yang disajikan dalam bentuk berita, menarik untuk dibaca, bisa menambah wawasan.

Kekurangan buku ini masih terdapat kekurangan seperti tebalnya halaman namun begitu dari sudut konten secara keseluruhan boleh diberi acungan jempol.[]

(Dahlansae Nikmal Abdu)

Comment

Rekomendasi Berita