by

Rheiva Putri R Sanusi*: Tarif Listrik Mencekik, PLN Membela Diri, Pemerintah Peduli?

-Opini-23 views

RADARINDONESIANEWS.COM. JAKARTA — Di masa pandemi ini kesulitan bertubi-tubi dialami oleh masyarakat dunia apalagi di negeri kita Indonesia. Mulai dari PHK besar-besaran, pendidikian yang menggunakan sistem daring yang banyak terdapat hambatan dalam proses dan pelaksanaannya.

Kali ini muncul persoalan baru yang dirasakan masyarakat Indonesia yakni tagihan listrik yang membengkak

PT PLN memastikan banyak keluhan masyarakat terkait lonjakan tagihan listrik belakangan ini bukan karena kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Kenaikan tagihan lebih disebabkan ada selisih dan kenaikan konsumsi listrik saat work from home (WFH) atau kerja dari rumah.(JABAR.SINDONEWS.COM)

Seperti itulah konfirmasi yang dilontarkan pihak PLN dimana kenaikan ini disebabkan pemakaian yang tidak seperti biasanya karena adanya WFH dan aktivitas belajar Daring. Tentu saja masyarakat merasa kaget di tengah kesulitan seperti ini, lalu harus dibenturkan dengan permasalah listrik padahal untuk makan pun banyak yang kesulitan.

Jika memang bukan karena adanya kenaikan tarif listrik dan benar karena penggunaan listrik yang besar, maka di sinilah peran negara yang seharusnya bisa meringankan beban masyarakat.

Karena penggunaan listrik yang disebabkan WFH dan kegiatan Daring ini juga merupakan kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, maka sudah sepantasnya disertai solusi bagi kemungkinan-kemungkinan hambatan dan kesulitan yang akan dihadapi.

Disiapkan pula bantuan untuk meringankan beban masyarat tersebut agar tidak merasa khawatir dan bisa fokus menjaga diri mengikuti aturan pemerintah untuk Stay At Home. Hal ini menunjukkan ketidak sigapan pemerintah dalam melayani rakyat.

Berbeda dengan pemerintahan dalam Islam, pemimpin harus mengutamakan kemaslahatan umatnya apalagi di kondisi seperti ini. Hingga rakyat pun percaya dan akan patuh pada aturan/kebijakan yang ditetapkan pada masa pandemi ini untuk tetap di rumah. Karena aturan yang ditetaplan oleh pemerintahan Islam (Khalifah) bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah yang sudah menjadi dalil yang pasti. Wallahu’alam Bi Shawwab.[]

*Mahasiswi STIE

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =

Rekomendasi Berita