by

Sri Sultan Bentuk SatGas Bersih Pungli

Sri SultanHamenku Buwono X saat pembentukan satgas Sapu Bersih Pungli.[Ivan/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Menindaklanjuti Perpres 87 tahun 2016, Forkominda DIY membentuk satuan tugas (satgas) sapu bersih pungli DIY. Pemberantasan pungutan liar saat ini menjadi focus utama pemerintah pusat dan daerah, termasuk DIY. Dengan maksud dan tujuan, agar tidak ada lagi tindakan yang merugikan masyarakat terutama dalam hal materiel yang disebabkan oleh beberapa oknum dan memberikan efek jera kepada para pelaku yang kedapatan tertangkap tangan melakukan pungli.

‘’Satgas ini memiliki peran yang amat sangat penting dan strategis, karena praktek pungutan liar telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”kata Sultan.

Satgas ini terdiri dari berbagai unsur di antaranya dari Pemda DIY, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan, TNI AD, TNI AU, TNI AL dan dari institusi lainnya. Satgas ini dikukuhkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (1/11/2016) di Aula Mapolda DIY.

Akan tetapi hal ini juga membutuhkan peran serta masyarakat dalam upaya memberantas pungli tersebut, karena masyarakatlah rata-rata yang menjadi korban pungli yang selama ini sering terjadi.

‘’Masyarakat diharapkan dapat berperan serta dalam pemberantasan pungli, secara langsung maupun tidak langsung,’’pungkasnya. (*/m.nap)

Comment

Rekomendasi Berita