by

STP-SD Khairu Ummah Serpong Integrasikan Kurikulum Internal Dengan Kurikulum Luar

Siswa KU Serpong bersama saat fot bersama
RADARINDONESIANEWS.COM, SERPONG – Kualitas pendidikan sangat bergantung dengan konsep kurikulum yang menjadi landasan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebuah sekolah. Untuk tujuan itulah sebuah institusi pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi membuat konsep dan bentuk kurikulum terapan untuk mencapai hasil didik yang optimal.

Hal ini diimplementasikan oleh STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong untuk mencapai output terhadap peserta didik sehingga memiliki selain kapasitas akhlaqul karimah (good manner) tetapi juga kemampuan intelektual lainnya.

Annisa, S.Pd, Kepala Sekolah STP-Khairu Ummah Serponng, Banten
“Di sini, kita implementasikan kurikulum yang terintegrasikan antara muatan spiritual dan intelektual. Selain itu, kita padukan pula dengan kurikulum luar. Kita tidak anti dengan kurikulum luar.” Ujar Annisa, S.Pd, Kepala Sekolah STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong, saat kunjungan dan studi banding STP-KU Rancaekek, Bandung, Senin (24/6/2019).

Selain itu, lanjut Kepala Sekolah termuda di seluruh KU se Indonesia ini, dalam praktek dan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong yang baru tiga bulan dikepalainya, juga mengabsorb model pembelajaran dari berbagai literatur yang sesuai.

STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong berdiri sejak 2011 dengan 79 siswa yang tersebar dalam 7 lokal di lahan seluas 1500 Meter persegi.  Kurikulum inti di STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong ditekankan lebih kepada 80% hafalan Quran (Tahfizhul Quran) dan 20% pelajaran umum.

Konsep belajar di luar ruang (out door), tambah Kepala Sekolah jebolan Pendidikan Biologi, UIN Jakarta, 2010 ini, menjadi kegiatan ekstra kurikuler yang sangat menyenangkan siswa.

Kasimun Ali Muslim, Wakil Kepala Sekolah STP-KU Serpong (kiri) saat menerima kunjungan Stdudi Banding STP KU Rancaekek, Bandung
Selain itu, model pembelajaran di STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong ini memiliki ciri dan karakter yang unik di mana orang tua siswa juga dilibatkan sebagai kontroler keberlangsungan dan keberhasilan peserta didik. Orang tua siswa memiliki hubungan kerja sama dengan pihak sekolah yang diikat dengan perjanjian untuk mencapai target pembelajaran siswa yang menjadi tanggung jawab kedua belah pihak.

Menurut  Kasimun Ali Muslim, Wakil Kepala Sekolah STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar Serpong, hasil didik dari kurikulum yang diterapkan di KU Serpong sangat menonjol di masyarakat dilihat dari perbedaan anak-anak dengan anak anak lainnya.[]

Comment

Rekomendasi Berita