by

Tanggul Kali Cakung Jebol : Rendam Ratusan Rumah Warga

RADARINDONESIANEWS.COM, BEKASI – Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapah hari kemarin membuat beberapa daerah di Jabodetabek tergenang air sampai dengan banjir. Salahsatunya banjir yang melanda Kota Bekasi yang semakin parah. Pasalnya, tanggul Kali Cakung yang berlokasi di Perumahan Harapan Baru, Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat jebol sepanjang 5 meter. Akibatnya, air langsung merendam ratusan rumah warga, Rabu (22/02/2017).

Banjir yang melanda menggerakkan Sekolah Relawan untuk membantu dalam hal evakuasi korban. Terhitung sejak 20 Februari 2017 kemarin, Sekolah Relawan menurunkan 1 tim Social and Disaster Rescue- Sekolah Relawan (SDR -SR) beserta perahu karetnya.

“Setelah evakuasi korban banjir di Cipinang Melayu, Kampung Makasar,Jakarta Timur, tim Social and Disaster Rescue-Sekolah Relawan sekarang bergerak ke Kawasan Perumahan Harapan Baru II Bekasi Barat,” ujar Aqil Mulqi, Community Network Sekolah Relawan.

Dampaknya, sejauh ini ada sebanyak 600 kepala keluarga (KK) rumahnya terendam banjir dengan air rata-rata kedalaman 60 cm sampai 200 cm.

“Sejak sore hingga malam dini hari tim kami bersama warga, aparat dan segenap elemen lainnya berusaha menutup tanggul yang jebol dengan pasir karung. Tanggul sungai jebol selebar 5 meter,” tambahnya.

Kondisi ini melumpuhkan permukiman serta aktivitas warga. Korban banjir membutuhkan banyak bantuan untuk keperluan mendesak sehari-hari, berupa pempers, pembalut, makanan ringan, air bersih, susu bayi, selimut dan perlengkapan mandi.

Selain tim SDR-SR yang membantu evakuasi banjir di lokasi kejadian, tim lain pun disiapkan untuk standby memantau perkembangan selanjutnya. Diharapkan malam ini hujan besar tidak turun kembali, karena masih ada dua titik retakan yang kemungkinan jebol.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan kepedulian, bantu doa untuk para korban serta segenap elemen yang bertugas agar proses evakuasi berjalan lancar,” ucapnya.

Dirinya juga berharap agar masyarakat membantu materi untuk keperluan para korban disana, Wujudkan kepedulian untuk sesama saudara kita yang sedang terkena bencana banjir ini, serta jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan kita.(NK/SDN)

Comment