by

Terapkan Protokol Kesehatan, Peserta Apresiasi BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia memberikan warna baru bagi dunia jaminan kesehatan. Pertumbuhan jumlah peserta dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat kian meningkat dan mengalami perbaikan.

Begitu pula standar pelayanan prima yang menjadi acuan kerja BPJS Kesehatan yang terus mengalami perbaikan diberbagai sektor kian terasa. Pelayanan prima ini tetap dikedepankan oleh BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli ditengah pandemi Covid-19 namun dengan tetap menjaga dan menjalankan protokoler pencegahan penularan Covid-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah, Senin (08/06), menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menerapkan dan mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam upaya pemberantasan Covid-19.

“Dalam kondisi pandemi ini, menjadi kewajiban semua pihak untuk menjaga diri dan menerapkan kebijakan yang telah diatur oleh pemerintah. Tak terkecuali BPJS Kesehatan yang memberikan pelayanan publik. Secara ketat dan terus menerus, kami menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan, diantaranya penerapan physical distancing, penyediaan tempat cuci tangan, wilayah wajib masker, dan pengukuran suhu tubuh,” tutur Harry di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, hal ini tidak hanya dilakukan oleh peserta yang berkunjung, tetapi dimulai dari internal BPJS Kesehatan.

“Setiap pagi petugas keamanan di kantor bertugas di depan pintu masuk untuk mengukur suhu tubuh pegawai yang bekerja dan mengarahkan pegawai untuk mencuci tangan sebelum masuk ke kantor. Semua pegawai juga menggunakan masker, sedangkan untuk petugas keamanan menggunakan pelindung wajah,” tambah Harry.

Harry mengaku, secara bertahap, pihaknya juga membersihkan area kerja dengan cairan disinfektan agar mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19.

“Sebagai pemberi pelayanan publik, dengan jumlah kunjungan peserta diangka rata-rata 40 hingga 50 orang perharinya, kami harus lebih peduli dan lebih ketat lagi mencegah penyebaran virus Covid-19 di area Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli. Selalu saya tekankan kepada pegawai, bahwa sebagai pemberi pelayanan publik, sebuah keharusan bagi kita untuk menjaga diri dan mejaga peserta yang berkunjung di kantor dengan mengedepankan prinsip pelayanan prima,” ungkapnya.

Izward Aceh, salah seorang peserta JKN-KIS yang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menyampaikan apresiasi atas pelayanan JKN-KIS ditengah-tengah pandemi Covid-19. Menurutnya standar pelayanan dan pengamanan area pelayanan telah memberikan rasa aman.

“Kunjungan saya ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, bukan kali pertama, karena sebelumnya saya mengurus pendaftaran orang tua saya. Namun pengurusan kartu kali ini terasa berbeda. Sistem pemeriksaan yang ketat dan penerapan physical distancing yang jelas dan terarah. Waktu layanan yang jelas menambah kenyamanan peserta yang berkunjung, karena peserta dilayanan dengan cepat dan tepat sehingga dapat menghindari penumpukan peserta yang mengantri,” ujarnya.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =

Rekomendasi Berita