by

Terdapat Kejanggalan Perolehan Suara, KPU Kabupaten Nias Lakukan Pleno Ulang

Saat pengambilan dokumen pemilu dari kotak surat suara.[Albert/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Nias gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi ulang hitungan perolehan suara khusus pemilihan DPR RI se-Kecamatan Idanogawo tingkat KPU Kabupaten Nias, Jumat (10/05).
“Setelah kita kaji bersama Bawaslu dan pimpinan kita di KPU Provinsi, menyandingkan data, maka keluarlah rekomendasi dari Bawaslu Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan rekapitulasi ulang khusus untuk DPR RI yang ada di wilayah Kecamatan Idanogawo,” ucap Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa dalam sambutannya.
“Kita membuka C1 plano hologram dan C1 hologram, tapi dasar utama adalah C1 plano hologram. Manakala tidak sinkron dengan perolehan suara disana, maka kita buka C1 hologram, dan kalau perlu kita buka DAA1 masing-masing perolehan ditiap TPS,” tuturnya lebih lanjut dihadapan saksi parpol dan Bawaslu Kabupaten Nias serta Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara.
“Rapat rekapitulasi ulang perolehan suara DPR RI untuk Kecamatan Idanogawo di Kabupaten Nias dengan ini saya buka secara resmi,” ujar Firman.
“Di Kecamatan Idanogawo terdapat tiga versi DA1 yang dikeluarkan PPK Idanogawo, ada versi KPU, versi Bawaslu dan versi saksi,” ungkap Warling Telaumbanua.
“Dari sisi pengawasan, kami siap untuk mengawal, melakukan pengawasan demi keadilan, demi kepastian hukum, sehingga Bawaslu Provinsi merelakan waktu berada di tempat ini supaya di Kabupaten Nias ada keadilan kepada peserta pemilu,” tuturnya.
Dari 28 desa se-Kecamatan Idanogawo dibagi 4 panel yang terdiri dari :
Panel 1 : Ahedano, Awoni Lauso, Baruzo, Biouti, Biouti Timur, Bobozioli Loloana’a, Bozihona. Bertempat di ruang pertemuan Kantor KPU Kabupaten Nias.
Panel 2 : Hili’adulo, Hiligogowaya Maliwa’a, Hililawae, Hilimoasio, Hilimoasio II, Hilina’a Tafuo, Hili’ono Zega. Bertempat di ruang serbaguna Kecamatan Gido. 
Panel 3 : Laira, Laowo Hilimbaruzo, Maliwa’a, Mondrali, Oladano, Orahili Zuzundrao, Otalua. Bertempat di ruang serbaguna Kecamatan Gido.
Panel 4 : Saiwahili Hiliadulo, Sandruta, Sisobahili Iraonohura, Tetegeona’ai, Tiga Serangkai Maliwa’a, Tetehosi, Tuhewaebu. Bertempat di ruang pertemuan PPK Gido. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita