by

Tingkatkan Kualitas, STP-SD Khairu Ummah Rancaekek Studi Banding Ke Serpong

Umi Salamah, S.Pdi (ketiga dari kanan) dan Rina Tresna Sari, S.Pd (kedua dari kanan) bersama Kepala dan wakil kepala sekolah KU Serpong saat studi banding.
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA –  Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, STP-SD Khairu Ummah, Rancaekek, Bandung melakukan studi Banding ke STP-KU Serpong, Banten, Senin (24/6/2019).
Kunjungan dan studi banding STP-KU Rancaekek, Bandung ini diwakili langsung oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, Umi Salamah, SP.d dan Rina Tresna Sari, S.Pd. 
Umi Salamah, S.Pd mengatakan, studi banding ini sebagai upaya menggali capaian yang telah diraih oleh STP KU Serpong dan sekaligus mempererat silaturahim.
STP-KU Rancaekek, Bandung yang digagas oleh Umi Salamah, S.Pd dibantu Rina Tresna Sari, S.Pd ini memang masih usia jagung, didirikan sekitar tahun 2016 lalu dengan murid awal sebanyak 6 siswa.
“Waktu itu sekitar tiga tahun lalu, saya menggagas sekolah ini tapi karena latar belakang saya yang bukan pendidikan membuat saya agak bingung. Saya kemudian minta bu Rina ikut bergabung dan berjuang.” Ujar ibu lulusan fakultas ushuluddin, jurusan dakwah, Sunan Gunungjati 1991 ini saat berada di KU Serpong, Banten.
Kekompakan dan keseriusan Umi Salamah, S.Pdi bersama Rina Tresna Sari,S.P d dalam mengelola  STP – SD KU kemudian mulai menemui titk terang. Siswa yang dahulu haya 6 orang kini memasuki usia ke tiga, KU Rancaekek, Bandung berhasil menambah jumlah siswa mendekati angka 60.
“Dari lokal kelas yang dahulunya mengontrak, di tahun ke tiga sudah mampu membeli lahan tanah yang kini dipakai sebagai tempat Kegiatan Belajar Mengajar.” Ujar Umi Salamah.
Rina Tresna Sari, S.Pd yang ikut terlibat penuh dalam upaya memajukan STP-SD Khairu Ummah Rancaekek ini mengatakan bahwa kurikulum KU sudah bagus dengan karakter tersendiri dan bertujuan mencetak peserta didik untuk menghapal Quran dan menjadi pemimpin umat.
Namun begitu, untuk meningkatkan proses dan kegiatan pembelajaran, Rina Tresna Sari yang berlatar pendidikan S1 Fisika ini memberikan strategi ‘sesat’ strategi yang tidak ditemukan dalam kurikulum biasa sebagai kita mengupgrade siswa untuk memahmi soal-soal dan pelajaran umum nasional. Perlu diketahui bahwa kurikulum STP – SD KU memberikan porsi menghapal Quran hingga 80 peren sementara pendidikan umum hanya 20%.
“Saya berikan jam tambahan khususnya untuk siswa kelas 6 berlatih mengerjakan soal-soal.” Ujar Wakil Kepala sekolah ini saat berbincang, Senin (24/6/2019).
Meskipun porsi belajar pengetahuan umum hanya 20%, STP – SD KU Rancaekek, Bandung ini mampu berprestasi dengan nilai di atas siswa dari sekolah lain..
Rina Tresna Sari, S.Pd juga menyempurnakan kurikulum KU Rancaekek, Bandung ini dengan manajerial pendidikan yang dipelajari di bangku kuliah dan pengalaman mengajarnya selama ini.[]

Comment

Rekomendasi Berita