by

Uji Kemampuan Cagub DKI, KPU Siapkan 6 Panelis

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menyiapkan enam orang panelis berkompeten untuk debat pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Januari dan Februari 2017. Panelis terdiri dari para ahli dan akademisi.

“Untuk tema-tema demokrasi dan penegakkan hukum, kami meminta mereka yang ahli tentang pengelolaan pemerintahan yang baik kemudian juga mengelola bagaimana peran pemerintah daerah untuk memaksimalkan atau memastikan hukum itu terlaksana,” kata komisioner KPU DKI Jakarta, Dahlia Umar, Rabu (4/1/2016).

Untuk tema pendidikan dan kesejahteraan, KPU DKI akan meminta akademisi yang menjadi panelis. Sementara untuk isu ekonomi dan masalah pengangguran, KPU DKI memilih ekonom dan ahli ketenagakerjaan. “Jadi seluruh isu dan tema sudah terwakili oleh para ahli dari unsur akademisi dan unsur praktisi,” katanya.

Dikatakan, semua panelis akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada debat nanti. “Rencananya seluruh panelis ini sebenarnya harus merumuskan pertanyaan-pertanyaan dan pendalaman visi, misi, program pasangan calon untuk seluruh isu-isu yang harus dijawab di debat pertama, kedua, ketiga,” kata Dahlia.

Debat cagub-cawagub akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari 2017. Debat tersebut akan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi secara bergiliran.[tb]

Comment