by

Untuk Berani Kembali Melangkah, Ingat Lagi Tujuan Awalmu Memulai

Ilustrasi[radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Apa yang harus kulakukan ketika aku meragukan diriku sendiri?Bagaimana cara agar kembali berani melangkah ke depan?Apa yang harus dilakukan saat rasa takut kembali hadir?

Tak berani melanjutkan perjuangan mendapat pekerjaan yang lebih baik. Tak bisa membuat pilihan karena takut akan salah jalan. Takut membuka bisnis baru. Ragu untuk mulai bicara dengan orang lain. Atau mungkin sama sekali tak punya nyali untuk keluar dari zona nyaman. Ladies, tahukah kamu apa akar dari semua hal tersebut? Akar masalahnya adalah karena ada rasa ragu dan takut dalam diri.

Padahal keraguan yang dirasakan dalam diri sendiri bisa menahan kita untuk melangkah ke depan menuju kesuksesan. Perlu diketahui bahwa setiap orang pasti pernah merasa ragu terhadap dirinya sendiri. Bahkan tak ada yang benar-benar bisa merasa bebas dan berani sepanjang hidupnya. Ini semua tergantung dari bagaimana kita menerima dan menyikapinya.

Tak Apa Gagal Saat Kita Sudah Berani Mencoba

Ketika rasa ragu melanda dirimu, izinkan dirimu untuk memantapkan diri bahwa tak ada salahnya untuk mencoba dan gagal. Kamu tak harus selalu bisa menjadi sempurna di percobaan pertama. Segala hal yang selama ini kita anggap negatif seperti kegagalan, kesalahan, dan ketidaksempurnaan, semua itu sebenarnya positif. Lho kok positif? Iya, karena dari kegagalan atau kesalahan tersebut, kita bisa tahu apa yang harus kita perbaiki dari dalam diri dan hal apa yang perlu kita hindari agar tak melakukan kesalahan yang sama.

“Because of self-doubt, the fear of failure, or laziness, most people usually bite off way less than they can chew.”
― Mokokoma Mokhonoana

Takut Itu Wajar Saat Kita Melakukan Sesuatu yang Baru
Lakukan berbagai hal yang selama ini sering kamu hindari. Dengan begitu, kamu bisa mengungkap fakta bahwa dirimu ternyata jauh lebih kuat dari yang selama ini kamu pikirkan. Meski tak semuanya bisa berjalan mulus, tapi setidaknya kamu sudah berproses untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Ingat Lagi Tujuan dan Niat Awalmu Memulai

Saat kamu mulai kembali fokus mengingat tujuan hidupmu, kamu pasti bisa menemukan arah baru lagi untuk jalan ke depan. Rasa ragu dalam diri itu pun bisa ditepis saat kamu tahu bahwa akan selalu ada jalan yang bisa kamu pilih.

“Be courageous! First win the fear of failure to win the game of life.”― Debasish Mridha

Ingatlah orang-orang terdekatmu. Mungkin orang-orang terdekatmu punya ekspektasi dan harapan tersendiri kepada dirimu. Jadi jangan kecewakan mereka. Buktikan bahwa kamu bisa membuat orang terdekatmu bangga dan bahagia. Meski tak mudah pada awalnya, kamu pasti akan selalu bisa untuk kembali melangkah.

Kita Perlu Merasa Ragu agar Bisa Lebih Berhati-Hati

Rasa ragu adalah bagian dari hidup dan diri kita. Kita hanya perlu menerimanya dan menjadikannya pijakan untuk bisa melangkah dengan langkah yang lebih mantap dari sebelumnya. Memang tak enak rasanya saat diri ini mulai dibayangi dan terus dihantui rasa ragu. Tapi itulah alasan kita hidup dan perjuangan ini.

“Life is doubt. And faith without doubt is nothing but death.” ― Miguel de Unamuno

Saat kita gagal misalnya, kita akan memiliki satu amunisi baru untuk berusaha meningkatkan kualitas diri. Setidaknya kita tahu bahwa ada kesalahan yang sudah kita perbuat. Setelah itu, kita perlu memastikan agar kesalahan itu tak terulang lagi.

Tetap semangat, Ladies. Karena hidup ini memang sebuah perjuangan. Terus perbarui dan mantapkanlah langkah untuk mendapatkan semua impian dan keinginan.[vem]

Comment