by

Warga Bersama Pemkot Depok Gelar Aksi Bersihkan Situ Bojongsari

Warga Depok, “GEMMES” saat aksi bersih-bersih situ.[Goesti/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK – Gerakan Masyarakat Membersihkan Situ (Gemmes) yang digagas oleh warga RW 014, adalah bentuk nyata aksi warga Bojongsari Kecamatan Bojongsari, kota Depok dalam upaya membersihkan gulma air yang menutupi Situ Bojongsari.
Selain itu, aksi kerja bakti warga RW 014 Bojongsari tersebut juga dibantu oleh para petugas Kodim 0508-Depok. Bahkan bukan cuma itu, Satgas Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Depok juga ikut andil membantu warga bergotong-royong membersih kan gulma yang menutupi Situ Bojongsari.
Pada kesempatan itu, Ketua RW 014 Bojongsari, Daud Sulaiman saat di temui wartawan menjelaskan, bahwa Gemmes adalah merupakan wujud upaya masyarakat dalam rangka untuk melestarikan situ. Apalagi keberadaan Situ Bojongsari di katakan telah begitu banyak memberikan manfaat buat masyarakat di sekitarnya.
“Dalam aksi ini, kami mengerahkan 100 warga untuk membersihkan Situ Bojongsari. Kerja bakti ini juga di dukung pemerintah, hal itu dapat dilihat dengan hadirnya Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Bahkan tidak hanya itu, Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Iskandarmanto beserta anggota hadir pula turut membantu,” papar Daud Sulaiman, kepada wartawan, Minggu,(01/04).
Daud juga menambahkan, bukan hanya membersihkan situ, dalam aksi tersebut ada pula sejumlah aksi lainnya, yaitu; penanaman 100 pohon buah, serta penyebaran 20 ribu bibit ikan di Situ Bojongsari. 
Walikota Depok, sangat di harapkan menyikapi hal tersebut dengan segenap upaya yang ada. Maka dengan aksi nyata itu, keberadaan situ akan dapat terus terjaga kelestariannya.
Sementara di kesempatan yang sama, Dandim 0508 Kota Depok, Letkol Inf Iskandarmanto menuturkan, kalau pihaknya telah menyiapkan 100 personel, dan juga beberapa perahu karet, untuk bantu membersihkan Situ Bojongsari dari tanaman eceng gondok. 
Menurutnya, dengan ikut melakukan aksi bersih-bersih situ, maka dapat menunjukan adanya kepedulian TNI pada masyarakat.
“Kegiatan ini sejalan dengan rencana penghijauan yang dilakukan Kodim 0508 / Depok, yaitu dengan penanaman 19 ribu pohon disitu yang ada di Kota Depok. 
Langkah ini juga merupakan wujud dari fungsi 3 pilar yakni; untuk selalu menjalin sinergitas dalam melayani masyarakat,” tutur Iskandarmanto.
Sementara, di kesempatan yang sama, tempat yang sama, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menambahkan, kolaborasi antara pemerintah, TNI dan masyarakat, untuk itu patut diberikan apresiasi. Sebab, mereka telah bersama-sama untuk menjaga kebersihan, serta kelangsungan situ.
“Dengan munculnya kesadaran warga, tentu ini sangat baik, karena pelestarian situ, bukan cuma tugas pemerintah tapi semua pihak,” pungkasnya. (Goesti)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + fifteen =

Rekomendasi Berita