by

Yulia Sri Safitri*: Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Baik Dan Cerdas

Yulia Sri  Safitri
RADARINDONESIANEWS. COM, JAKARTA – Menjadi ibu yang baik mungkin merupakan salah satu hal tersulit untuk dilakukan di dunia.  Selain harus mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada habisnya,  seorang ibu juga harus mampu mendidik anak dengan baik, karena ibu adalah lingkungan pertama tempat anak belajar tentang dunia atau bisa disebut juga madrasah pertama untuk anak adalah ibu. Namun, karena setatusnya yang hanya di rumah saja,  banyak yang menganggap menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang spele.
Dengan kemajuan zaman dan perubahan hidup,  banyak yang berfikir bahwa tugas ibu rumah tangga sangat tidak keren karena menghabiskan waktu di rumah dengan mengurus anak sehingga tidak memilih menjadi wanita karir padahal menjadi ibu rumah tangga saja cukup keren.
Untuk menjadi ibu rumah tangga memang ada banyak sekali hal yang harus dilakukan.  Tuntunan untuk menjadi super mom yang harus bisa segalanya tentu harus dilakukan dengan cerdas.  Sudah bukan zamannya menjadi ibu rumah tangga hanya menjalankan rutinitas seperti biasa.  Super mom masa kini harus cerdas dan mampu menjadi contoh yang baik bagi anak dan keluarga sekitarnya.
Berikut ini 5 tips agar menjadi ibu rumah tangga yang baik dan cerdas
1. Memiliki manajemen waktu yang baik
Sama seperti wanita karir, sebagian ibu rumah tangga juga harus memiliki manajemen waktu yang baik untuk mengatur semua pekerjaan dan apa yang harus dilakukan dengan memanfaatkan waktu dengan baik, anda pasti bisa menyelesaikan semua itu dengan baik sekaligus masih punya waktu untuk diri sendiri dan juga suami.
2. Tidak jijik pada hal apapun yang kotor
Jadi seorang ibu harus menjauhkan apa itu rasa jijik. Tentu saja, sebab hampir semua ibu berhubungan dengan kegiatan yang menyangkut sesuatu yang kotor seperti mencuci piring, menyapu, mengepel, mengganti popok bayi, muntahan anak, dan hal-hal kotor lainnya. Tidak mungkin ibu mencari pertolongan kepada orang lain setiap anaknya buang air besar?
3. Memperhatikan apa yang dimakan anggota keluarga
Biasanya ibu memegang peran penting ini di rumah. Memasak makanan untuk keluarga atau paling tidak memastikan bahwa makanan yang dimakan keluarga adalah makanan sehat dan memiliki kandungan gizi yang cukup.
4. Memiliki manajemen keuangan dengan baik
Menjadi ibu yang baik berarti memikirkan semua keperluan rumah tangga dan anaknya secara hati-hati, seperti apa saja yang harus dibeli. Seorang ibu tidak boleh berbelanja sesukanya. Dengan yang anda kelola pastikan anda bisa membaginya. Hal ini bukan berarti melarang ibu dan keluarganya untuk berekreasi atau bersenag-senang namun apa salahnya menggunakan uang yang ada sebagai pengeluaran secukupnya saja.
5. Berpikir secara cerdas
Seorang ibu harus bisa menjadi sumber solusi dalam rumah tangga. Kurangi mengeluh, dan fokuslah pada solusi yang anda aplikasikan. Misalnya, anda browsing di internet tentang tata cara membersihkan kamar mandi yang efektif dan mudah, serta tidak banyak memakan waktu. Dengan begitu, anda akan mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan efisien melalui cara yang cerdas.[]
•Mahasiswa UIN SMH Banten

Comment

Rekomendasi Berita