by

Australia Ulurkan Bantuan Kemanusiaan Konflik Marawi Filipina

Julie Bishop
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA –  Mentri Luar Negri, Julie Bishop, melalui siaran persnya yang disampaikan kedubes Australia, merespon peristiwa kemanusiaan dan konflik yang terjadi di Malawi, Mindanao, Filipina Selatan.
Dikatakan Julie, Pemerintah Australia menyediakan bantuan kemanusiaan untuk warga sipil yang mengungsi karena konflik di Kota Marawi di Filipina bagian Selatan.
Pemerintah Australia tambahnya, menyediakan makanan dan pasokan kebutuhan lain senilai A$920.000 untuk membantu memenuhi kebutuhan penting lebih dari 320.000 warga yang mengungsi. 
“Dukungan kami termasuk penyediaan kain terpal, alas tidur, kelambu, serta peralatan air dan sanitasi melalui Palang Merah Filipina untuk membantu 1.000 keluarga yang mengungsi.” Ungkap Julie melalui kedubes Australia yang disampaikan ke redaksi radarindonesianews.com, Rabu (21/6/2017)
Pemerintah Australia menyediakan lebih dari 500 ton beras melalui Program Pangan Dunia (World Food Programme), yang akan membantu menyediakan pasokan makanan bagi lebih dari 60.000 anak-anak untuk lebih dari tiga bulan ke depan.
Selain itu, Australia juga menyediakan barang-barang untuk kebersihan, lampu senter dan peluit untuk perlindungan, suplai peralatan sanitasi pribadi dan pakaian, serta peralatan melahirkan yang bersih melalui Dana Penduduk PBB (United Nations Population Fund), untuk membantu lebih dari 6.400 perempuan dan anak-anak perempuan.
“Bantuan ini merupakan tambahan dari paket dukungan untuk proses perdamaian dan pendidikan di Mindanao yang saya umumkan ketika saya berkunjung pada Maret 2017.” Tambah Julie.
Pemerintah berkomitmen untuk mendukung proses perdamaian dan pembangunan di Mindanao, yang sangat penting untuk Filipina yang kukuh dan stabil dan terus bekerja dengan Pemerintah Filipina untuk memerangi terorisme di kawasan.[GF] 
 

Comment