by

BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Dan Dinas Perizinan Nias Utara Jalin Kerjasama

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah (tengah)[Albert/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS UTARA – Pemanfaatan dan pertumbuhan jumlah penggunaan Kartu JKN-KIS yang kian meningkat menunjukkan betapa pentingnya keberlangsungan program ini. Namun tidak dapat dipungkiri, peningkatan jumlah pemanfaatan program JKN-KIS masih belum berbanding lurus dengan tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya.
Guna menekan angka ketidakpatuhan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli melakukan koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PPTSP) Kabupaten Nias Utara, Jalan Gunungsitoli – Lahewa Km. 42 Lotu, Selasa (18/06).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PM-PPTSP Nias Utara. 
“Kami telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PM-PPTSP Nias Utara agar pelaksanaan program JKN-KIS dapat berlangsung dengan optimal dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Khusunya bagi badan usaha yang ada di Nias Utara. Kami berharap para pelaku usaha dapat memenuhi kewajibannya untuk mendaftarkan diri dan pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS,” ucap Harry. 
“Koordinasi ini kami kukuhkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama diantara para pihak, sehingga ada dasar yang jelas bagi kami untuk menjalankan fungsi kepatuhan dan pemeriksaan bersama terhadap badan usaha. Kami telah menyerahkan draft final perjanjian kerja sama tersebut kepada dinas terkait, untuk nantinya secara bersama-sama ditandatangani,” tuturnya lebih lanjut.
Harry menambahkan, dalam pelaksanakan kerja sama tersebut, pihaknya yakni BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli akan mengatur rencana kerja strategis dengan Dinas PM-PPTSP Nias Utara. Sehingga dengan adanya upaya ini, permasalahan atas ketidakpatuhan badan usaha, dapat segera terselesaikan.
Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Dinas PM-PPTSP Nias Utara, Faigilala Gea menyampikan bahwa pihaknya siap bersama-sama dengan BPJS Kesehatan untuk menjalankan regulasi yang berlaku. 
“Kami menyampaikan bahwa kami akan senantiasa berkoordinasi dengan  BPJS Kesehatan untuk meningkatkan dan menegakkan kepatuhan pelaku usaha dalam mendaftarkan diri beserta pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS. Hal ini merupakan upaya dan tanggungjawab kita bersama dalam menyukseskan keberlangsungan Program JKN-KIS, serta sebagai upaya untuk memenuhi hak pekerja dalam mendapatkan jaminan kesehatan. Kami berharap dengan adanya perjanjian kerja sama ini, dapat meningkatkan hubungan baik antara BPJS Kesehatan dengan Dinas PM-PPTSP di segala aspek, termasuk pemeriksaan badan usaha maupun sosialisasi bersama diantara kedua belah pihak,” tutupnya. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita