by

BPJS Kesehatan Jamin Pemeriksaan IVA Bagi Pemilik Kartu BPJS Aktif Di Nias Barat

BPJS Kesehatan Nias. Barat.[Albert/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Tingginya angka kematian perempuan yang disebabkan oleh kanker serviks menjadi sorotan dunia. Berbagai program yang dilaksanakan guna menekan laju pertumbuham penderita penyakit kanker serviks pun semakin gencar disuarakan.
Indonesia adalah salah satu negara yang serius dalam menanggapi permasalahan tersebut. Ini terbukti dengan terus dilakukannya beberapa upaya baik preventif maupun promotif guna menekan pertumbuhan penderita penyakit kanker serviks.
Sosialisasi tentang pencegahan kanker serviks dari hari ke hari kini dilaksanakan hingga ke daerah oleh berbagai instansi maupun perkumpulan atau organisasi tertentu.
Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat melangsungkan kegiatan sosialisasi IVA test di Desa Sitolubanua, Kecamatan Lahomi, Kabupaten Nias Barat.
Kegiatan ini di hadiri ketua Penggerak PKK, Insani Halawan, Kepala Bidang Yankes Dinkes Nias Barat, Suryawati Marunduri, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Barat Chandra Dewi G. Sianturi, Kepala Puskesmas Lahomi, Ketua PKK Kecamatan Lahomi, Ketua PKK se-Kecamatan Lahomi, Anggota PKK dan peserta Sosialisasi. Jumat (14/09/2018)
Kepala Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat, Insani Halawa menyampaikan bahwa, “Kegiatan sosialisasi semacam merupakan kegiatan yang sangat penting dan bemanfaat bagi masyarakat luas, sehingga adanya pemerataan pemahaman bagi seluruh lapisan masyarakat. Pentinganya pemeriksaan IVA adalah untuk keberlangsungan hidup dan kesehatan keluarga. Tentunya kita semua sepakat bahwa seorang perempuan, khususnya seorang ibu, memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga, sehingga jangan biarkan penyakit ini menggangu keberlangsungan keluarga”. Tutur Insani
Lebih lanjut Ia mengatakan “Khusus di Nias Barat, program ini merupakan program unggulan PKK Nias Barat  yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kababupaten Nias Barat. Maka dari pada itu saya mengajak seluruh ibu-ibu untuk mengetahui bagaiman cara pencegahan dan penanganan kanker serviks, serta aktif dalam berbagai pertemuan yang positif, tentunya tidak lupa melakukan IVA test”. Ajaknya
Kepala Bidang Yankes Dinkes Kabupaten Nias Barat, Suryawati marunduri, menyampaikan bahwa pihaknya akan bersama-sama dengan pihak terkait, mendukung dan meyukseskan kegiatan seperti ini, guna menekan bahkan memberantas penyakit kanker serviks. Apa yang sekiranya dapat kami jalankan dan dapat kami dukung untuk kegiatan ini, akan kami kerjakan dengan maksimal.
Sedangkan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Barat, Chandra Dewi G. Sianturi menyampaikan informasi dan menghimbau masyarakat untuk mengikuti acara IVA Test.
“Pemeriksaan IVA Test dilaksanakan secara bertahap, tahap pertama direncanakan akan dilaksananakan tanggal 27 September 2018. Sasaran atau target dari peserta di tahap pertama ini adalah PUS (pasangan usia subur), yang berada diwilayah cakupan Kecamatan Lahomi sekitar 1.000an PUS, dan ditargetkan 75% tahun ini dilakukan pemeriksaan IVA Test”. Ucapnya
Disesi akhir diskusi, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat, Insani Halawa menyampaikan, “Pelaksanaan IVA Test ini dijamin oleh BPJS Kesehatan, untuk itu pada saat pemeriksaan di Puskesmas Lahomi dihimbau agar membawa kartu BPJS Kesehatan- KIS (Kartu Indonesia Sehat) dalam keadaan aktif dan bagi masyarakat yang belum memiliki kartu harap segera mendaftar ke BPJS Kesehatan. Jangan takut memeriksakan kesehatan dan mengajak ibu-ibu lain untuk melakukan pemeriksaan IVA Test. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik serta target yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan. Seperti pepatah bijak mengatakan, lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena itu mari ikut pemeriksaan IVA Test guna mencegah terjangkit dari derita kanker serviks. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita