by

Bupati Nisel: Melalui Perayaan Cap Go Meh, Junjung Tinggi Keberagaman

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH, MH. [Mesiana Buulolo/radarindonesianews.com]
RADRINDONESIANEWS.COM, NIAS SELATAN – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH, MH dan Wakil Bupati Sozanolo Nduru bersama Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal Napitupulu, S.I.K, MH, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto, hadiri perayaan Cap Go Meh 2569 (Tahun 2018) di halaman Gedung Perkumpulan Amal Sosial Cinta Kasih (PAS-CK), Jalan Ahmad Yani Kelurahan Pasar Teluk Dalam, (02/03)
Bupati Hilarius Duha dalam arahannya mengatakan, bahwa Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh adalah hari besar seluruh orang Tionghoa, terlepas agama apapun yang dianutnya tanpa terkecuali. “Pelihara kondisi aman dan tertib serta utamakan rasa saling menghormati antar sesama, dengan menjunjung tinggi keberagaman demi terwujudnya kehidupan damai dan tentram,” Ujar Hilarius.
Dalam kegiatan yang sama, Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto mewakili Forkopimda, mengajak semua komponen masyarakat, khususnya generasi muda agar memiliki jiwa Bhineka Tunggal Ika untuk mewujudkan cita-cita para pendahulu kita yang mengutamakan Persatuan dan Kesatuan bangsa dalam wilayah NKRI.
Sebelumnya, Ketua Panitia perayaan Tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2569, Ricardo Hoswary pada laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini terlaksana atas dukungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan bersama Forkopimda serta seluruh masyarakat dan pihak terkait lainnya.
Kegiatan yang melambangkan persatuan dan kesatuan ini, dapat terlihat dengan dilibatkannya berbagai etnis, suku dan agama, seperti halnya dalam pengucapan selamat Tahun Baru Imlek yang diucapkan dalam berbagai bahasa serta pemakaian baju adat yang cukup beragam.
Perayaan yang diawali dengan pawai lampion (telong-telong) ini, juga dimeriahkan penampilan perguruan pencak silat dari masyarakat muslim pesisir, ragam tari-tarian, fashionshow dan diakhiri dengan penyalaan kembang api selama 20 menit.
Pada acara tersebut turut hadir, Plt. Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM, Waka Polres Nias Selatan Kompol Bonggas Simarmata, Danramil Teluk Dalam, Mayor ARM. Ytuh Saragih, Mewakili Kajari Nias Selatan, Para kepala Perangkat Daerah dan Kabag Lingkup Pemkab Nias Selatan, Camat Teluk Dalam Induk Laia, S.Pd serta tamu dan undangan lainnya. (Mesiana Buulolo)         

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

Rekomendasi Berita