by

Bupati: Peran Koperasi Sebagai Guru Besar Merubah Wajah Dan Karakter Ekonomi Nias Barat

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Perayaan HUT Koperasi ke-69 tahun 2016, dihadiri Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd didampingi Sekda Zemi Gulo, Para Asisten, Kadis Koperasi Drs. Borododo Gulo, Ketua TP PKK Ny. Insani Faduhusi, Staf Ahli Drs. Sayambowo Hia dan sejumlah pejabat teras Nias Barat lainnya yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati jumat, (30/09)

Menurut Bupati Nias Barat, bahwa koperasi di Indonesia merupakan salah satu urat nadi perekonomian bangsa yang pengembangannya melalui ekonomi kreatif, yang sasarannya dimulai dari masyarakat pinggiran. Maka dengan itu, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati bahwa membangun masyarakat Nias Barat menjadi berdaya, harus dari berbagai bidang, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sarana pendukung lainnya.

Bupati lebih lanjut menyampaikan bahwa koperasi berperan penting sebagai Guru Besar yang dapat merubah wajah dan karakter ekonomi Nias Barat menuju berdaya dan Mandiri. Sehingga yang terpenting dalam hal mengelola koperasi adalah, kejujuran dan kesadaran untuk memajukan koperasi itu sendiri serta solidaritas yang mantap dari semua anggota secara bersama-sama dengan para pengurus.

Pada perayaan HUT Koperasi ke-69 Kabupaten Nias Barat turut diramaikan dengan perlombaan paduan suara Mars Koperasi dan perlombaan Tari Maena kreasi budaya Nias Barat. Pada perlombaan tersebut, untuk paduan suara juara pertama diraih oleh Koperasi Morola dari kecamatan Lahomi dan juara Dua diraih oleh Koperasi Famili dari Kecamatan Moro’o, sedangkan juara Tiga diraih oleh Kopeasi Serumpun Kecamatan Mandrehe dan juara keempat diraih oleh Koperasi Sehati juga dari kecamatan Moro’o.

Sementara untuk perlombaan Tari Maena kreasi Budaya Nias Barat, keluar sbagai juara pertama Koperasi Famili kecamatan Moro’o, juara dua koperasi Hasara kecamatan Mandrehe Utara dan juara tiga diraih oleh Koperasi Ingin Maju juga Mandrehe Utara, serta juara keempat diraih oleh Koperasi Ceria dari Kecamatan Mandrehe Barat.Selain pemberian tropy pada dua kegiatan perlombaan tersebut, Bupati juga memberi uang pembinaan, dan untuk juara pertama paduan suara dengan Niali Rp 2.000.000, juara Dua Rp 1.500.000, juara tiga Rp 1.000.000 dan juara IV dengan nilai Rp 750.000. Sedangkan untuk Tari Maena, juara pertama mendapat Rp 2.500.000, juara dua Rp 2.000.000 dan juara tiga Rp 1.500.000 dan juara empat,Rp 1.000.000. Sementara untuk peserta yang tidak meraih juara sebanyak tujuh kontingen masing-masing mendapatkan Rp 500.000.(S.Gulo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 10 =

Rekomendasi Berita