by

Camat Hiliduho Andhika P Laoly Hadiri Musrenbang Desa Hiligodu Tanose’o

Andhika P Laoly, Camat Hilidho.[Marinus/radarindonesianews.com]

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2017 tingkat Desa Hiligodu Tanose’o Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias dihadiri langsung oleh Camat Hiliduho Andhika P Laoly, SSTP, M.Si bersama Kepala Desa dan seluruh jajarannya, BPD beserta seluruh anggota, para Tokoh desa dari berbagai unsur dan seluruh masyarakat desa yang dilaksanakan di Hiligodu, Selasa (24/01)

Kepala Desa Hiligodu Tanose’o Etieli Mendrofa atas nama seluruh masyarakat desa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Camat Hiliduho, berkenan menghadiri pelaksanaan Musrenbang Desa Hiligodu Tanose’o, yang pembahasannya berdasarkan aspirasi seluruh masyarakat desa yang terdiri dari lima dusun dan selanjutnya ditetapkan sebagai skla proritas yang nantinya untuk di bawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan.

Wakil ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Mareti Mendrofa pada penyampaiannya mengatakan bahwa pihaknya dalam pelaksanaan berbagai musyawarah desa, cukup berperan aktif dalam menggali dan meneruskan apa yang menjadi aspirasi yang dibahas secara bersama dan ditetapkan atas musyawarah mufakat bersama seluruh masyarakat bersama pemerintahan desa.

Sementara itu Camat Hiliduho Andika P Laoli, bahwa kehadirannya di Desa Hiligodu Tanose’o pada pelaksanaan Musrenbang Desa adalah untuk kedua kalinya dan seperti diusulkan pada tahun sebelumnya pada pelaksanaan Musrenbang 2016, dari berbagi usulan pembangunan sehingga total dana pembangunan yang akan diterima oleh Desa Hiligodu Tanose’o dari APBD, mencapai 1,1 miliar Rupiah yang pelaksanaannya pada tahun 2017 ini.

Lebih lanjut Andhika P Laoly bahwa proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melaului Musrenbang mulai dari tingkat Dusun, Desa, Kecamatan sampai dengan Kabupaten, yang merupakan wahana yang efektif untuk memadu serasikan perencanaan bottom up dengan perencanaan yang bersifat top down.

Camat berharap, kepada pemerintahan Desa dan seluruh masyarakat desa, agar mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya didalam bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga berbagai pembangunan, baik yang sedang direncanakan maupun yang akan dilaksanakan dapat berjalan baik dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat.

Mengakhiri penyampaiannya Camat Hiliduho menghimbau masyarakat desa pada pelaksanaan Musrenbang tahun 2017 ini, agar menyatukan pikiran dan usulan untuk dijadikan skala prioritas sebagaimana yang telah diusulkan pada tahun sebelumnya, sehingga usulan yang masih belum tertampung oleh pemerintah daerah Kabupaten Nias, dapat menjadi perhatian untuk ditampung dan dijadikan prioritas pembangunan. (Marinus)

Comment

Rekomendasi Berita