by

Dandim 0824: Musik Patrol Sebagai Kesenian Daerah Jember Harus Dilestarikan

RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Bertempat di Area Wisata Kuliner Tamara Jalan PB Sudirman Jember pada Minggu 12/03/2017 Pukul 19.00 Wib dilaksanakan tasyakuran dan lounching Wisata Kuliner Tamara sebagai salah satu sajian kuliner terlengkap di Kabupaten Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember beserta Ny. Mia Rudianto dan segenap awak media yang ada di Kota Jember, acara yang dihelat dengan sangat sederhana tersebut ditampilkan salah satu kesenian Musik Patrol Zaler dari Lingkungan Condro Kelurahan Jember Kidul Kec Kaliwates Kab. Jember.

Letkol Inf Rudianto cukup terkesan dengan musik patrol yang dimainkan oleh anak-anak yang mampu mengiringi berbagai lagu, bahkan bisa dikolaburasikan dengan alat musik modern, tak heran kalau beliau bersama keluarga menikmati sajian musik tersebut berlama-lama hingga didaulat untuk mencoba memainkannya.

Pimpinan Goup Patrol tersebut Mulyanto yang lebih dikenal dengan panggilan Cak Mung saat diwawancarai bahwa dirinya membina musik patrol seperti ini sudah puluhan tahun, dan memang musik patrol di jember ini memang berbeda sekali karena mampu dikolaburasikan dengan musik modern.

Lebih lanjut Cak Mung menegaskan harapannya agar pembinaan musik patrol sebagai keseniannya orang Jember ini ditingkatkan, di Jember ini ada 54 group musik patrol dan diasosiasi musik patrol ini berharap agar masuk pada ekstrakulikuler sekolah untuk mengembangkan kearifan budaya lokal.

Terkait keberadaan kesenian tradisional tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat diwawancarai disela-sela acara tersebut menegaskan bahwa sebagai kesenian tradisional daerah musik patrol ini cukup asyik untuk dinikmati dan kesenian kesenian tradisional seperti ini memang patut kita lestarikan, siapa lagi kalau bukan orang Jember yang melestarikan.

Kita patut acungkan jempol kepada Cak Mung yang mau membina salah satu group musik patrol yang beranggotakan generasi muda, ini yang patut kita apresiasi dan kesenian seperti ini harus selalu kita berikan ruang pada saat-saat ada acara seperti ini dan acara-acara yang ada di daerh sehingga disamping memberikan sumber penghasilan bagi anggota group tersebut sekaligus sebagai ajang pelestarian dan pembinaan kearifan seni budaya lokal. Kata Letkol inf Rudianto.

Saat ditanyakan dimana kolerasinya program TNI dengan seni budaya, Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa kesenian seperti ini adalah salah satu potensi suatu wilayah, ingat kesenian ini memilik beragam fungsi dan manfaat disamping sebagai hiburan juga dapat pula dijadikan sarana menyampaikan informasi atau sarana sosialisasi suatu program pemerintah dan lain-lain, sedangkat tugas Kodim selaku aparat teritorial memiliki tugas menjadikan semua potensi wilayah sebagai potensi pertahanan negara. (sis24)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − five =

Rekomendasi Berita