by

Danrem 083/BDJ Bersama Forkopinda Sambut Tim Mabes TNI

RADARINDONESIANEWS.COM, MALANG – Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Arm Budi Eko Mulyono. S.Sos.,MM., menyambut Tim dari Mabes TNI acara Audiensi tentang rencana latihan gladi lapangan Penanggulangan Bencana Alam Gunung Meletus di Wilayah Kab. Malang bertempat di Gedung Anusopati Pendopo Kab. Malang Jl. Agus Salim No 7 Kota Malang, Kamis 23/3/2017.

Dalam Sambutan Skretaris Daerah (Sekda) Kab. Malang Bapak Dr.H. Abdul Malik yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Mabes TNI yang telah tiba di wilayah Kabupaten Malang, dilanjutkan dengan penyampaian kondisi wilayah Kab.Malang bahwa di wilayah Kab.Malang mempunyai 9 gunung berapi dengan luas wikayah 3.400 h2, 33 kecamatan, 38 desa dan 13 kelurahan.

lebih lanjut dalam sambutanya, Kabupaten Malang adalah salah satu Kabupaten di Indonesia yang terletak di Propinsi Jawa Timur dan merupakan Kabupaten yang terluas kedua wilayahnya setelah Kabupaten Banyuwangi Kabupaten Malang juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi diantaranya dari pertanian, perkebunan, tanaman obat keluarga dan lain sebagainya. Disamping itu juga dikenal dengan obyek-obyek wisatanya.

Dalam hal ini Brigjen TNI Awaludin (Tim Mabes TNI) dalam penyampaiannya mengawali Memperkenalkan Tim Mabes TNI dalam Penanggulangan Bencana Alam Gunung Meletus yang Ketuai oleh Marsma Simbiring dimana ada 2 (dua) Tim 1 ke wilayah Kab. Malang dan Tim 2 ke wilayah Surabaya.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada Pemerintah Kab. Malang yang mana team dari Mabes TNI akan melaksanakan latihan penanggulangan Erupsi Gunung Meletus mendapat dukungan dari Pemerintah Kab Malang yang rencana pada tanggal 5 sampai dengan 7 April 2017,

Sesuai dengan UU RI Nomor 34 tahun 2004 pasal 7 tentang TNI, tugas pokok TNI AD adalah melaksanakan tugas TNI di matra darat yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, yang dilakukan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Salah satu tugas pokok TNI AD dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Mengacu pada hal tersebut di atas, sebagai implementasi dan pelaksanaan dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 pasal 7 ayat 2 butir 12 tentang tugas pokok TNI membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,

Hal ini dapat ditinjau dari pengalaman pelibatan TNI AD dalam misi penanggulangan bencana alam yang terjadi selama ini. Untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD, fungsi Organik Militer, melaksanakan secara terbatas seperti pengamanan, bantuan kemanusiaan, dan pembinaan teritorial terbatas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Mabes TNI Brigjen TNI Awaluddin, Kolonel Inf alrizal, Kolonel Inf Amrizar, Kolonel Inf subagio, Kolonel Mar Pangestu dan Letkol Inf l. Gaol, Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Arm Budi Eko Mulyono.S.Sos.,MM., Kasrem 083/Bdj Letkol Kav Rahyanto Edy Yunianto, para Kasi Korem 083/Bdj, Danramil Jajaran Kodim 0818 dan Para SKPD yang terkait Kab. Malang. (Penrem 083/Bdj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fourteen =

Rekomendasi Berita