by

Demi Kesehatan Warga, Pemkab Nias Siapkan Dana Rp 8 Miliar/Tahun

Foto/Marinus/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Kesehatan adalah hak asasi manusia yang harus diwujudkan sesuai cita-cita Bangsa Indonesia, dimana kesehatan merupakan salah satu urusan wajib pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar, tak terkecuali Pemerintah Daerah Kabupaten Nias yang menyiapkan dana sebesar Rp 8 miliar rupiah pada Ta.2017 bagi masyarakat kurang mampu/miskin lewat program Pro Rakyat bidang kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM pada acara temu pers bersama Sekda, Drs. F.Yanus Larosa, M.AP didampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Marthin L Harefa, SKM, M.Kes serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Nias , Rabu (21/06)
Bupati lebih lanjut menjelaskan bahwa dana sebesar Rp 8 miliar tersebut, yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias pada Ta.2017, adalah untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) khususnya masyarakat kurang mampu/miskin yang tidak tercover sebagai penerima PBI dari APBN, dengan jumlah 19.746 jiwa.
“Dengan terintegrasinya Jamkesmas, dengan BPJS Kesehatan yang penandatanganan perjanjian kerja sama sebagaimana telah dilakukan pada tanggal 2 mei 2017 lalu, dengan BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, maka diharapkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias di bidang kesehatan dapat menerima layanan kesehatan berkualitas, khususnya masyarakat kurang mampu/miskin tanpa dibebani biaya,” jelasnya optimis.
Sebelumnya, mekanisme pendataan peserta menurut Bupati Nias, telah dilakukan oleh kepala desa bersama aparatnya dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dengan diketahui Camat, kemudian diverifikasi oleh Dinas Sosial bersama Dinas kependudukan dan Catatan Sipil dan terkhir oleh BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli guna menghindari duplikasi kepesertaan.
Mengakhiri penjelasannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, bahwa jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) diwilayah Kabupaten Nias  dari PBI pusat sebanyak 86.564 jiwa, dan PBI Provinsi sebanyak 1.299 jiwa, sedangkan PBI Kabupaten Nias pada Ta. 2017 sebanyak 19. 746 jiwa, dengan dana Rp 8 miliar selama 12 bulan. (Rinus) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 4 =

Rekomendasi Berita