by

Demi Mengusung Dakwah Aksara, Renjana Publishing Hadir Di Tengah Umat

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Berangkat dari cinta yang kuat pada dakwah aksara dan berniat untuk membantu teman-teman yang ingin menjejak wasilah amal jariyahnya, maka Renjana Publishing (RP) hadir untuk menjawab hal tersebut.

Renjana Publishing merupakan salah satu penerbit indie yang bermitra secara resmi dengan Penerbit LovRinz.  Renjana Publishing  didirikan pada tanggal 10 Juli 2021 oleh tujuh orang founder. Tagline-nya adalah One Published Book for a Thousand Hope.

Renjana Publishing dilaunching secara daring Sabtu (10/7/2021) pukul 19.30-21.30 WIB dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta.

Permasalahan seputar dunia penerbitan buku dipaparkan secara lugas oleh

Hasni Tagili dalam kesempatan launching tersebut menjelaskan urgensitas seorang penulis membukukan karyanya, keharusan seorang penulis mem-branding diri agar tulisannya dikenal publik,  tujuan menerbitkan buku, akad-akad yang sesuai dengan hukum syara, dan tentang ISBN.

Berdirinya Renjana Publishing Menurut Hasni diniatkan untuk membantu teman-teman penulis yang ingin membukukan karyanya dengan mekanisme akad syar’i, sehingga keberkahan bisa diraih.

Jasa penerbitan buku saat ini, masih banyak diwarnai oleh akad-akad yang tidak syar’i sehingga menimbulkan keraguan dan ketidak-jelasan.

“Hadirnya Renjana Publishing ini sekaligus menjawab kegalauan tersebut, sehingga teman-teman penulis ketika akan membukukan karyanya akan mendapatkan mekanisme yang jelas dan syar’i.” Ujar Hasni Tagili.

Seluruh Tim yang tergabung dalam wadah Renjana Publishing berharap kehadurannya dapat membantu teman-teman penulis yang memiliki karya dan ingin membukukan karyanya sehingga menjadi kenangan bagi penulis dan ketika tersebar, menjadi amal jariyah.

Untuk mengenal lebih dekat dengan tim Renjana Publishing, berikut struktur redaksinya :

1. Suryani Syahrir, Editor in Chief/Pemimpin Redaksi

2. Ummu Muti’ah Aisyah, Managing Editor/Redaksi Pelaksana

3. Emmy Lya, Bendahara, Junior Desainer

4. Hasni Tagili, Senior Editor, Junior LO

5. Aini Mutiara Aini, Copy Editor

6. Nur Rahayu, Copy Editor, Junior Desainer

7. Shafiyyah AL Khansa II, Senior Desainer, Senior LO

Sedangkan alur kerja sama antara penulis dan RP adalah sebagai berikut :

1. Menghubungi salah satu dari tujuh founder untuk memasukkan naskah ke Renjana Publishing

2. Ketentuan naskah: minimal 50 halaman kuarto dan maksimal tidak terbatas, Times New Roman, size 12, style No Spacing, margin normal, justify

3. Renjana Publishing menerima segala genre tulisan yang akan diterbitkan. Boleh antologi cerpen, antologi opini, novel, naskah ilmiah populer, resep, motivasi, bahkan buku ajar.

4. Penulis memilih paket penerbitan apa yang akan digunakan (biaya paket pracetak RP tertera seperti pada gambar.

5. Jika cetak di atas 30 eksamplar (ada ISBN dan 3 eksamplar untuk ke Perpusnas akan ditanggung cetak dan ongkirnya ke Perpusnas oleh RP). Adapun jika cetak di bawah 30 eks (ada ISBN tapi penulis menanggung biaya cetak dan ongkirnya ke Perpusnas). Jadi tetap bisa menerbitkan di RP meski hanya 2 eks, misalnya.

6. Proofreading dilakukan oleh Senior Editor

7. Vote cover (penulis akan diberikan 2 alternatif cover)

8. Promosi (dilakukan oleh penerbit)

9. Packaging biasa, tidak ada biaya tambahan. Sedangkan jika packaging-nya eksklusif maka ada biaya tambahan sebesar Rp1.500 per buku.

10. Pengiriman dari Harjamukti, Cirebon

11. Penulis akan mendapatkan fee atau komisi dari laba bukunya yang terjual

12. Untuk biaya naik cetak per halamannya, baik cetak hitam-putih maupun warna, silakan menghubungi pihak Renjana Publishing untuk penjelasan lebih lanjut

Semoga dengan adanya Renjana Publishing ini, bisa memudahkan teman-teman penulis untuk membukukan karyanya dengan cara yang sesuai dengan syariat sehingga berbuah pahala jariyah dan diliputi keberkahan.[]

Comment

Rekomendasi Berita