by

DPRD Komisi B Bersama Biro Perekonomian Setda Sumut Kunker Di Kabupaten Nias.

Komisi B DPRD dan Biro Ekonomi Setda Provsu saat kunjungan.[rinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias menerima kunjungan DPRD Komisi B dan Biro Perekonomian Setda Provsu yang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Nias selaku Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Ahd Darwis Zendrato, S.Sos yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Asisten Administrasi Umum Setda, dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, dan Camat se-Kabupaten Nias di Ruang Rapat Lantai I Kantor Bupati Nias, Kamis (11/02/2016).
 
Rombongan Komisi B DPRD Provsu yang diketuai oleh Patar Sitompul sebagai Wakil Ketua Komisi B dari Fraksi HANURA, Sekretaris Komisi B Drs. Aripay Tambunan, MM dari Fraksi PAN, dan Anggota Komisi B DPRD Provsu, Indra Alamsyah, SH (Fraksi Golkar), Hj. Helmiati (Fraksi Golkar), Ir.H.Chaidir Ritonga, MM (Fraksi Golkar), Wasner Sianturi (Fraksi PDIP), Siti Aminah Br perangin-angin, SE, MSP (Fraksi PDIP), Jantoguh Damanik, S.Sos (Fraksi PDIP), Jenny Riany Lucia Berutu, SH (Fraksi Demokrat), Lidiani Lase (Fraksi Demokrat), Ir. Ramses Simbolon, M.Sc (Fraksi Gerindra), Donald Lumban Batu, SE (Fraksi Gerindra), H. Robby Anangga, SE (Fraksi Hanura), H.Ikrimah Hamidy, ST, M.Si (Fraksi PKS), Dra. Delmeria (Frkasi Nasdem), H.Bustami HS, MM (Fraksi PPP), Ir. Tigor Lumbantoruan (Fraksi PKB) dan Biro Perekonomian Setda Provsu diwakili oleh Kabag Ekonomi Setda Provsu.

Pada kesempatan tersebut Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Ahd Darwis Zendrato, S.Sos Kabupaten Nias memaparkan kondisi perekonomian daerah Kabupaten Nias, dimana struktur perekonomian Daerah Kabupaten Nias yang didominasi oleh Sektor Pertanian terutama sub sektor perkebunan karet, kelapa, kakao dan hasil perkebunan rakyat lainnya.

Lebih lanjut ungkapnya, bahwa untuk mendorong pertumbuhan Perekonomian Daerah Kabupaten Nias dan pembukaan lapangan kerja, pemerintah kabupaten nias sesuai potensi yang dimiliki sangat menjanjikan dan terbuka terhadap beberapa jenis peluang investasi seperti :Industry pengolahan hasil pertanian dan perikanan yang meliputi; industry Crumb Rubber, industry pengolahan kakao, industry pembuatan tepung pisang, industry pengalengan ikan.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama Ahd Darwis Zendrato, terkait dengan kunjungan Komisi B DPRD Provsu yang mebahas mengenai penyaluran Beras Raskin kepada Masyarakat, beliau menjelaskan bahwa sesuai dengan pagu Raskin yang didapatkan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2014 sebesar 1.746.720 (satu juta tujuh ratus empat puluh enam ribu tujuh ratus dua puluh ribu) kg/pertahun dengan realisasi penebusan 97.56 % dan pagu raskin tahun 2015 sebesar 1.828.980 (satu juta delapan ratus dua puluh delapan Sembilan ratus delapan puluh)kg/pertahun dengan realisasi penebusan 98.79%, penambahan dari 2014 ke 2015 mengalami peningkatan di karenakan bergabungnya 5 desa dari kabupaten nias barat.

Pada akhir sambutannya, menyampaikan harapan kepada komisi B DPRD Provsu kiranya senantiasa memberikan dukungan dan dorongan pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mendukung setiap program Daerah Kabupaten Nias dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Nias khususnya sehingga Kabupaten Nias dapat terlepas dari ketertinggalan atau dapat sejajar dengan Kabupaten / Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini tersebut direspon oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Provsu Sumatera Utara berjanji akan membantu dan mendorong serta memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Nias di tingkat Provinsi dan bahkan ditingkat Pusat yang terkait dengan tugas dan fungsi Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara. (Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 11 =

Rekomendasi Berita