by

Dua Pemuda Palestina Tewas Usai Bentrok Dengan Tentara Israel

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Seorang pemuda bernama Zakariya Hamayel (28) gugur syahid setelah tertembak pasukan Israel dan warga pemukim Yahudi dalam konfrontasi di Jabal Shabih di Beita, Selatan Nablus, Jumat (28/5/2021).

Hamayel terluka dengan tembakan di bagian dadanya dalam bentrokan dengan Israel di Jabal Shabih yang menyebabkan meninggal dunia.

Konfrontasi meletus kemarin sangat sengit antara ratusan pemuda Palestina dan pasukan Israel dan warga pemukim Yahudi di puncak bukit Shabih dekat baldah Beita, selatan Nablus, Tepi Barat bagian utara.

Bentrokan berlanjut hingga sore hari setelah warga pemukim Yahudi menggerebek wilayah dan melepaskan tembakan ke arah para pemuda Palestina dengan tembakan peluru tajam.

Akibatnya, dua orang Palestina terluka oleh peluru warga pemukim Yahudi dan satu lagi akibat tembakan serdadu Israel. Konfrontasi itu juga menyebabkan sejumlah pemuda sesak nafas dan memar-memar.

Warga Baldah Beita dan warga desa sekitarnya keluar rumah untuk unjuk rasa setelah shalat jumat di wilayah terdekat dari permukiman Yahudi yang dibangun di Jabal Shabih di Beita.

Selain itu, pasukan Israel ikut bersama warga pemukim Yahudi dalam bentrokan dan memburu pemuda.

Jurnalis Palestina Shadiah Bani Shamsah yang tinggal di Beita dalam pesannya meminta agar media massa meliput peristiwa di Jabal Shabih sebab Israel memanfaatkan kelemahan liputan media dari kasus tersebut.

Menurut Shamsah, pasukan Israel dan warga pemukim Yahudi memanfaatkan peristiwa terakhir di kota Al-Quds dan kampung Syekh Jarrah dan agresi di Gaza untuk melancarkan rencananya di wilayah Jabal Shabih.

Dalam kasus pembelaan Jabal Shabih, dua orang pemuda, Isa Barhum dari Beita dan Tariq Shanbur dari Yatma gugur syahid karena bentrokan.[Von Edison Alouisci]

Comment

Rekomendasi Berita