by

E-Tilang Polres Kediri Menjadi Produk Unggulan Polri

Kapolres dan Kasatlantas Polres Kediri saat tinjau stan E-Tilang.[Pick/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, KEDIRI – Pelaksanaan Pameran dan Workshop Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Forum Nasional yang bertempat di Bale Asri Pusdai Bandung yang digelar tanggal 26-27 Oktober 2016. Stan pameran dari Kepolisian Republik Indonesia sudah ramai dikunjungi oleh pengunjung. Salah satu dari Stan pameran dari Kepolisian Republik Indonesia diantaranya stan Polres Kediri. E-Tilang Polres Kediri adalah salah satu dari 18 Produk unggulan Kepolisian Republik Indonesia yang di pamerkan dalam Pameran dan Workshop Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Forum Nasional.

“Hari ini seluruh aplikasi dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah siap untuk dipamerkan, termasuk aplikasi e-Tilang dari Polres Kediri” Ungkap Kapolres Kediri AKBP Akhmad Yusep Gunawan melalui Kasat Lantas AKP Fatikh Dedy Setyawan SIK.

Aplikasi E-Tilang ini pertama kali digagas dan diciptakan oleh Polres Kediri Polda Jatim dengan membuat inovasi service berbasiskan elektronik dengan sistem informasi atau IT. Melalui komunitas Criminal Justice System Plus atau (e-CJS) dikehendaki bisa membuat service Kepolisian seperti yang diinginkan Kapolri Tito Karnavian. Maka Polres Kediri membuat Inovasi berbasis IT dengan menciptakan program E-Tilang pertama di Indonesia.

Melalui Aplikasi e-Tilang ini, pelanggar lalu Lintas cukup mendownload aplikasi melalui gadget android dan membayar denda maksimal pada pasal yang dilanggar melalui rekening BRI pelanggar. Setelah mendapat notifikasi pembayaran denda tilang, pelanggar dapat langsung menunjukkan kepada petugas bahwa tilang sudah terbayar dan pelanggar dapat melanjutkan perjalanan. Keuntungan e-tilang adalah untuk memfasilitasi kecepatan dan kemudahan. Selain itu, untuk keterbukaan pelaksanaan proses tilang atau sebagai pengganti proses tilang di tempat.(PICK)

Comment

Rekomendasi Berita