by

Exhibition PBK Diharapkan Mampu Tingkatkan SDM Berkualitas

RADARINDONESIANEWS.COM, BANTEN – Serang, Banten – Untuk menyiapkan sumber daya manusia berpotensi  agar siap menghadapi persaingan industri baik nasional maupun internasional. Balai Besar Latihan Kerja Indonesia (BBLKI) Kota Serang menggelar acara bertajuk ‘Exhibition Pelatihan Berbasis Kompetensi’ (PBK).

Acara yang berlangsung pada 30 November hingga 3 Desember 2015 begitu diapresiasi baik oleh masyarakat sekitar para pencari kerja. Di even kedua BBLK kali ini, kata Fauziah Ketua BBLKI Serang, Banten mengatakan BBLKI Serang tercatat mendapat dukungan dari Pemda Banten dan Kementerian Tenaga Kerja dalam gelaran Exhibtion PBK tersebut.

“Selain mensosialisasikan event ini, kami berharap bisa meningkatkan kompetensi bagi para calon pencari kerja. Oleh sebab itu, industri adalah pusat daya saing bangsa dan pelatihan-pelatihan yang kami lakukan ini sekaligus untuk sumber daya manusia menghadapi program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Intinya kami menyiapkan SDM Indonesia untuk siap bersaing dipasar kerja ekonomi ASEAN dan saya yakin sdm kita mampu bersaing disana, “ jelasnya saat ditemui di acara Exibitihion Pelatihan Berbasis Kompetensi di kantor BBLKI serang, Banten Rabu (2/12/2015).

“Pengunjungnya antusias sekali dan ada sebanyak 21 perusahaan yang tergabung dalam acara ini masuk bisa merekrut mereka (pencari kerja, red).  Kalau sampai dengan hari ini ada sebanyak 1000 lebih pengunjung di acara job fair dan pelatihan kompetensi ini yang diadakan di BLK Serang. Karena melalui uji kompetensi ini yang tentunya dibutuhkan bagi dunia industri maupun dunia usaha, karena tanpa ada pengakuan kompetensi tidak akan bisa kita bersaing keluar. Inilah inti kami menggelar exibition ini, “ sahutToto Suprawoto, Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBLKI Serang menambahkan.

Senanda dengan Sayetko, ST, M.SI Kepala seksi Pemberdayaan BBPLK Serang Banteng mengatakan untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi pemuda dan pemudi Indonesia Balai Besar Latihan Kerja Indonesia (BBLKI) Kota Serang, Banten, mencari individu-individu berbakat dan berpotensi yang mampu mencerminkan tata nilai perusahaan untuk menjadi bagian dari tim yang mengakselerasi pencapaian visi perusahaan.

“Melalui ajang ini masyarakat bisa melihat pelatihan-pelatihan secara langsung. MEA ini sudah didepan mata, masyarakat harus siap baik dari sisi pelatihan dan sertifikasinya. Masyarakat harus punya pengakuan kompetensinya. Jadi peserta yang sudah dilatih kita akan lakukan sertifikasi supaya tujuan kedalam kerangka kualifikaisi nasional bisa tercapai, “ harap Satyeko.

Perlu diketahui,  acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Serang didukung oleh Pemda setempat dan kementerian tenaga kerja dan ditutup oleh Kunjung Masehat, Sesditjen Bina Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemenakertrans. Menariknya, dalam pameran ini menghadirkan empat rangkaian kegiatan, di antara lain :

1. Pameran Pelatihan Berbasis Kompetensi :
Pameran PBK dilaksanakan pada tanggal 30 November – 03 Desember 2015, lokasi kegiatan di Lapangan parkir tengah BBLKI Serang Peserta Pameran PBK dianataranya (Kejuruan BBLKI Serang, ) terdiri dari 25 stand atau peserta, di antaranya Batik Banten, BBPLK serang 4 Stand, Kalimaya Banten, Kerajinan Tangan Flanel, Batik Baduy, Honda, PT Multi Mayaka, PT Sanken, Binaan PBK MTU 2 Stand

2. Job Fair BBLKI Serang :
Job Fair BBLKI Serang dilaksanakan pada tanggal 01 – 02 Desember 2015, lokasi kegiatan di gedung serbang guna BBLKI Serang. Peserta Job Fair BLKI Serang Mitra Perusahaan BBLKI Serang terdiri dari 20 stand atau peserta.

3. Seminar PBK
Seminar dilaksanakan pada tanggal 30 November – 02 Desember 2015, lokasi kegiatan di Aula atas BBLKI Serang.

4. Temu Alumni Siswa Teknisi Ahli :
Temu Almuni Siswa Teknisi Ahli BBLKI Serang dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2015, lokasi kegiatan di Aula atas BBLKI Serang. (Lou)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 3 =

Rekomendasi Berita