by

Karena Jujur, Presiden pun Meneleponnya

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Kapan seorang presiden tertarik menelepon rakyatnya? Ternyata Presiden Taiwan Ma Ying-jeou melakukannya setelah ia membaca berita tindakan seorang warga Taiwan bernama Chen Shui Hui.

Suatu ketika pada 1 Februari 2012, Chen yang bekerja di toko Duty Free Airport di Bandara Internasional Taiwan menemukan uang tunai sebesar US$11 ribu. Dalam kurs rupiah saat ini berarti sekitar Rp 99 juta. Merasa itu bukan miliknya Chen segera membawa uang itu ke kantor polisi dengan harapan polisi akan menyerahkannya pada sang pemilik.

Tak lama kemudian Chen kedatangan seseorang yang ingin memberinya sesuatu. Ternyata dia itu si pemilik uang. Ia berterima kasih pada Chen karena dengan jujur telah mengembalikan uang itu. Tetapi Chen menolak, karena menurutnya, itu sudah kewajibannya. Siapa pun akan mengembalikan uang itu karena bukan miliknya.

Si pemilik uang kagum pada Chen. Entah bagaimana ceritanya, kejujurannya Chen tiba-tiba muncul di surat kabar. Presiden Ma yang membaca berita itu segera memintahkan asistennya mencari nomor telepon Chen. Setelah didapat, ia sendiri yang menelepon Chen pada 4 Februari lalu.

Pada awalnya Chen tak percaya kalau itu Presiden Ma. Namun sebelum pembicaraan berakhir, baterai telepon selulernya habis. Lalu ibunya memperingatkan karena bisa saja itu penipuan dengan kedok ngaku-ngaku sebagai Presiden Ma. Meski begitu Chen menelepon balik untuk meminta maaf karena pembicaraan tadi terputus gara-gara baterainya habis. Yang menerima telepon adalah asisten presiden.

Ternyata tak berapa lama Presiden Ma menelepon lagi dan menjelaskan kalau dirinya benar-benar Presiden Ma, bukan penipu. Ia memuji tindakan Chen, apalagi Chen bekerja di bandara sehingga bisa jadi ujung tombak dalam mempromosikan pariwisata Taiwan.

Presiden Ma memang belakangan sedang berbunga-bunga setelah sejumlah orang Taiwan menjadi perhatian dunia karena perbuatan terpujinya. Selain bercerita tentang kejujuran Chen di sejumlah kesempatan ia juga sempat membicarakan kehebatan pebasket New York Knicks keturunan Taiwan, Jeremy Lin, yang menghebohkan karena prestasinya.[Andriewongso]

Comment

Rekomendasi Berita