Kemenpar Launching Wonderful Morotai Island 2016

Berita451 Views
Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat launching Wonderful Morotai Island 2016.[Indro]

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Menteri pariwisata, Arief Yahya bersama bupati pulau morotai, weni R Paraisu, S.ag,  meluncurkan  “ Wonderful Morotai Island 2016” di Balairum Soesilo Soedarman gedung sapta pesona, kantor kementrian pariwisata, Rabu (1/6).

Arief menyambut baik diluncurkannya “Wonderful Morotai” sebagai upaya mendorong percepatan pengembangan destinasi pariwisata Morotai menuju destinasi Wisata kelas dunia dan berdaya saing internasional sekaligus dalam rangka mendukung progam Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia untuk mewujudkan target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 260 juta wisatawan nusantara tahun 2016.
“Melalui Wonderful Morotai, saya yakin tidak lama lagi morotai akan hidup dan menjadi salah satu destinasi kelas dunia yang bisa diandalkan untuk menarik wisman. Morotai memiliki keunikan tersendiri, selain memiliki alam yang indah serta budaya yang unik, letaknya juga strategis diantara jalur pelayaran asia dan Australia,”ujar mentri pariwisata, Arief yahya.
Untuk mendukung kemenpar dalam mencapai target kunjungan wisatawan, Pemkab Pulau Morotai telah menetapkan sejumlah event Pariwisata unggulan bertajuk “Wonderful Morotai Island”. Event tersebut akan menggelar Festival budaya, Festival Desa Pesisir, Festival Pulau Dodola dan Festival Jejak Perang Dunia ke 2.

Menpar menjelaskan, wonderful Morotai merupakan event menarik karna mengkombinasikan daya tarik wisata alam, bahari, budaya dan buatan di pulau Morotai  yang diadakan sepanjang Maret hingga Desember 2016.
Pada Festival Desa Pesisir akan diadakan lomba marathon, lomba selancar, lomba dayung rakit lomba pembuatan film dan International Tour The Morotai Pacific. Festival pulau dodola menyajikan berbagai kegiatan seperti panggung malam hiburan rakyat, lomba layang layang bahari, lomba selam tingkat nasional, lomba perahu dayung, lomba perahu canga, kunjungan yacht, konservasi laut dan konservasi bawah laut.
Pada Festival Jejak Perang Dunia II akan diisi dengan silaturahmi keluarga veteran perang dunia II. Sementara itu untuk festival budaya yang berlangsung Maret-Juli ini akan diadakan kirab budaya bahari, pawai pembangunan, pemiihan duta wisata 2016, lombqa musik dan lomba tari tradisional.
Melalui Wonderful Morotai, ditargetkan pada 2016 ini dapat menarik hingga 5000 wisatawan. Dalam janggka panjang, diharapkan akan tercapai 500 ribu wisatawan yang berkunjung ke pulau Morotai pada 2019. Untuk itu diperlukan kesiapan bukan hanya pada aktrasi tapi juga aksesibilitas dan emenitas.
Menurut bupati pulau Morotai, Weni R. PARAISU, S.Ag, sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk merealisasikan  progam pulau Morotai yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas misanya dari segi aksesibilitas, tersedianya penerbangan dari dan ke Morotai melalui bandara Leo Wattimena setiap hari, melalui jalur laut setiap 5 kali seminggu tersedia feri TOBELO – Morotai, dan untuk jalur darat dilkakukan peningkatan jalan lingkar luar Morotai.
Untuk kesiapan segi amenitas di antaranya akan dilakukan pembangunan pembangkit tenaga listrik serta pembangunan Resort dan lapangan golf.
Bupati juga menerangkan bahwa pulau Mnorotai sebagian besar berupa hutan dan memproduksi kayu dan sangat strategis sebagai jalur perdagangan di Timur Indonesia. Selain itu, pulau Morotai memiliki kekayaan alam seperti emas, biji besi juga potensi wisata bahari yang mempesona. (BH/GF)

Berita Terkait

Baca Juga

Comment