by

Kodim 0833 Malang Tinjau KRPL Mandiri

RADARINDONESIANEWS.COM, MALANGA- Kodim 0833/Kota Malang dalam rangka Ketahanan pangan untuk tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau serta melibatkan masyarakat dalam mendukung Ketahanan Pangan. Kodim 0833 yang tergabung dlm pembinaan Ketahanan pangan meninjau KRPL Mandiri di Kel. Lowokwaru ,Kec. Lowokwaru Kota Malang.

Dalam kunjungan ini anggota Kodim 0833 didampingi Dinas Pertanian Kota Malang (Lilik Sukismowati) mengapresiasi keberhasilan dari KRPL Mandiri dalam mewujudkan kemandirian pangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pengurus dan anggota KRPL Mandiri.

Mereka telah memposisikan diri sebagai pelaku usaha dan pelaku bisnis yang berbasis pada ekonomi kerakyatan, mengolah hasil produksi pertanian menjadi produk olahan yang tentunya menjadi nilai tambah bagi produk pertanian itu sendiri. Kepada anggota Kodim 0833 pengurus anggota KRPL Mandiri Berbagi ilmu pengetahuan seputar manfaat KRPL dan bagaimana cara menanam cabai yang benar. Dalam penjelasannya disampaikan kegiatan penanaman cabai dimulai dari penyiapan lahan, pembibitan dan pemeliharaan cabai itu sendiri.

Dalam hal pembibitan dipraktekkan secara langsung kepada anggota Kodim 0833 didampingi petugas dari Kadistan Kota Malang, sehingga diharapkan dengan kegiatan kunjungan ini anggota mampu dan dapat melaksanakan penanaman cabai denga baik dan benar disamping untuk dapat memotivasi keluarga dan masyarakat sekelilingnya dalam penyediaan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan. Keberadaan KRPL Mandiri ini terbukti telah mampu menularkan motivasi dan inovasi kepada masyarakat sekitar di Kel. Lowokwaru Kota Malang.

Lilik Sukismowati (Dinas Pertanian Kota Malang) menambahkan upaya ini merupakan contoh keberhasilan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga dan ini akan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dengan bantuan stimulan di tahun pertama kelompok KRPL Mandiri dapat mengembangkan usahanya sehingga mampu memenuhi kebutuhan rumah tangganya dan kelebihan/surplus produksinya dapat dijual untuk menambah penghasilan rumah tangganya, sehingga di tahun kedua dan seterusnya kelompok bisa mandiri dan berkembang.


Dijelaskan kepada anggota Kodim 0833 tujuan pengembangan KRPL diantaranta adalah meningkatkan kesadaran , peran dab partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan, meningkatkan partisipasi wanita dalam penyediaan sumber pangan dlm memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta mengembangkan ekonomi produktif keluarga.

Untuk tahun 2017, Kementerian Pertanian akan membangun sekitar 1700 KRPL di seluruh wilayah Indonesia dengan bantuan stimulus untuk pengembangan komoditas yang menyentuh masyarakat seperti cabai, bawang, dan DOC ayam petelur. Tentunya dengan tetap memperhatikan spesifik lokasi dan kearifan lokal, jelasnya Lilik S. (YSN)

Comment

Rekomendasi Berita