by

KPU Koreksi Salah Input Suara Jokowi Tambah 500, Prabowo Kurang 100

Proses saat Situng KPU dilakukan. Foto: Efira Tamara/kumparan
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – KPU pro aktif merespons temuan adanya salah input (lagi), pada perolehan suara capres-cawapres yang kini didapati di TPS 18, Kelurahan Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, yang ditampilkan dalam Sistem Penghitungan (Situng) KPU. 
Data yang ditampilkan di Situng KPU dengan link https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/, menunjukkan suara pasangan Jokowi-Ma’ruf 553 suara, Prabowo-Sandi 30 suara. Padahal, jika dilihat pada scan C1 di bagian bawahnya, suara 01 harusnya 53, dan Prabowo-Sandi 130 suara.

Atas temuan itu, KPU langsung mengoreksi kesalahan input itu sesuai data yang tertera pada lembar C1, sehingga hasilnya sebagai berikut:

Data C1 di TPS 18 Baleendah, Bandung yang sudah dikoreksi. Foto: Dok. KPU

Kesalahan input memang dimungkinkan terjadi oleh petugas teknis KPU, yaitu saat proses perolehan suara pada C1 diketik ulang untuk dimasukkan ke dalam Situng. Namun, beberapa kali temuan salah input itu memicu tudingan kepada KPU ada yang sengaja mengubah angka.
Lantaran banyaknya laporan salah input, KPU akhirnya membuka layanan pengaduan bagi siapa saja yang mendapati ada kesalahan input di website KPU.[kum]

Comment

Rekomendasi Berita