by

Mampu Bekerja Apa Saja. Masyarakat Bayat: TNI Memang Hebat

RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Pada TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 98 di Kabupaten Jember ini memang cukup luar biasa dimana seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) mendukung dan kegiatannya juga sangat beragam sasarannya tidak hanya insfrastruktur dan sumber daya manusia tetapi hewan dan tumbuhanpun yang menunjang kehidupan masyarakat Desa Karang Bayat turut tersentuh.

Kami sempat melakukan surveving pada Minggu 23/04/2017 dilapangan disamping dalam rangka melihat jalannya pembangunan dan kegiatan non fisik yang tidak kunjung putusnya walaupun hari libur, beberapa orang yang berhasil saya wawancarai yaitu masyarakat yang agak jauh dari lokasi titik sasaran kegiatan adalah P Hotip 49 tahun warga Dusun Karang Anom RT 03 RW 10 saat kami wawancarai terkait apa tanggapannya terhadap kerja TNI selama melaksanakan TMMD di Desa Karang Bayat ini.

Pada kesempatan tersebut walaupun bahasanya P Hotip tidak lancar namun dapat kami pahami bahwa P Hotip sangat bangga sekali dengan TNI karena kerjanya trenginas dan tidak mengenal hari libur bahkan apa saja ternyata dapat dilakukan, ada yang bantu tukang ada yang bantu medis dan lain-lain bahkan hampir semua pembangunan sarana masyarakat disini dibantu, mereka “cakang” sekali (mereka giat sekali).

Lain halnya Bu Romelah 47 tahun Dusun Krajan RT 3 RW 2 saat kami wawancarai dengan pertanyaan yang sama menegaskan “hebat pak TNI, saya tidak menyangka kalau pak TNI juga mau bekerja seperti ini karena mereka saya bayangkan bisanya hanya berperang saja, tetapi kerja apa saja bisa”, TNI memang hebat.

Romelah juga menambahkan bahwa setiap hari dirinya saat keluar rumah itu ditempat dibangunnya MCK banyak bapak-bapak TNI yang bekerja keras bersama masyarakat membaur untuk mengerjakan bangunan MCK tersebut, kemudian di Puskemas juga ada yang mengkhitan anak-anak bahkan ada yang mengajar buta aksara, betapa hebatnya TNI dan saya bangga dengan TNI.

Demikian halnya adik-adik pemuda salah satunya Erfan 19 tahun warga sekitar Balai Desa Karang Bayat saat ditanyakan bagaimana keberadaan SSK TMMD selama di desa ini, Erfan menegaskan bahwa TNI memang luar biasa saya melihat mereka mampu mengerjakan semua bidang di TMMD ini, ada yang dipertukangan, ada yangmenjadi guru buta huruf ada yang di peyananan kesehatan dan lain-lain.

Erfan juga menambahkan bahwa setiap sore mereka menyempatkan main bola bersama kami pemuda disini, kok gak ada capeknya ya…? mereka sangat ramah dan membaur dengan semua masyarakat termasuk pemuda disini, apakah senang kalau mereka agak lama berada didesa ini, Erfan malah berharap kalau bisa mereka dibuatkan markas disini saja sehingga bisa selalu bersama kami, saya bangga dengan TNI, karena TNI hebat.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto terkait dengan keberadaan pasukan SSK TMMD di Desa Karang Bayat Kec Sumberbaru menegaskan memang pasukan tersebut disamping memiliki tugas menyelesaikan pekerjaan fisik dan non fisik program TMMD 98 juga sebagai pribadi tentunya harus mampu membaur dengan masyarakat disana.Bahkan sejak awal saya sudah berpesan kepada prajurit jangan sampai keberadaan mereka malah membebani masyarakat, mereka harus selalu mempedomani Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI, jangan sampai pelanggaran, jangan sampai melakukan hal-hal yang merugikan dan menyakitkan masyarakat. Dan tidak hanya prajurit yang saya pesankan kepada masyarakat pun sudah saya titipkan keberadaan prajurit bahkan prajurit tidak ditidurkan ditenda lapangan tetapi diikutkan keluarga-keluarga disini, makan pun juga masyarakat yang memasakkan (Keluarga asuh), sehingga mereka lebih dapat membaur dengan masyarakat, karena “Bersama Rakyat TNI Kuat” Tegas Letkol Inf Rudianto. (sis24)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

Rekomendasi Berita