by

Minimalisir Gangguan Jaringan Listrik, PLN Area Nias Surati Sejumlah Kades

Foto/rinus/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Manajer PT. PLN (Persero) Area Nias Poltak Samosir menyikapi banyaknya gangguan jaringan disebabkan adanya pepohonan yang mengakibatkan padam seketika sehingga aktifitas masyarakat tergaggu bahkan tak jarang menimbulkan protes dari masyarakat.
Dalam suratnya tertanggal 26 Februari 2018 ditandatangani Manajer PLN Area Nias Poltak Samosir perihal himbauan yang mengajak masyarakat melalui Kepala Desa agar dapat memberikan penyuluhan kepada warga pemilik pohon yang berada dekat jalur kabel listrik.
Kesulitan yang dialami PLN selama ini dalam membersihkan jalur kabel-kabel PLN dari pepohonan milik warga karena tidak sedikit pemilik pohon tidak mengizinkan pepohonan miliknya ditebang tanpa adanya ganti rugi. Sementara ganti rugi atas pohon tersebut tidak ada sebab sebagian besar adalah jalan raya milik daerah.
Sebagaimana diatur dalam PP no 14 Tahun 2012 jarak aman kabel PLN dari pepohonan setidaknya radius keliling 3 meter dan dengan keadaan berdasarkan fakta yang ditemukan di jalur jaringan milik PLN sangat dekat, bahkan hampir menimpa kabel listrik yang dapat menimbulkan loncatan api dari listrik yang menyala.
Poltak Samosir lebih lanjut melalui suratnya kepada Kepala desa, bahwa masih terjadinya padam listrik di daerah desa didominasi karena adanya pohon yang menyentuh kabel PLN, bahkan tumbang yang dikarenakan alam, sampai merusak kontruksi kabel PLN dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pemulihan atau perbaikan kembali.
Untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi, pihak PT. PLN (Persero) Area Nias demi mendukung terwujudnya “BEJALI TERANG”, masyarakat dapat menghubungi Kantor PLN Rayon Gunungsitoli di nomor (0639) 21257 dan nomor Hp Manajer PLN Rayon Gunungsitoli Elfrid Pasaribu (08116079076) khususnya untuk Desa se-Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Utara.
Sedangkan untuk Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Barat dapat menghubungi Manajer PLN Rayon Teluk Dalam atas nama Marijen Rajagukguk dengan nomor Hp 08116079077. (Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =

Rekomendasi Berita