by

Pemanfaatan Potensi Alam Melalui Desa Vokasi

Handa[radarindonesianews.com]
RADAR INDONESIA NEWS.COM, LEBAK – Tujuan dari penyelenggaraan Desa Vokasi adalah memberikan keterampilan kerja bagi warga masyarakat sesuai kebutuhan lapangan kerja di desa, Menumbuhkan jiwa wirausaha dengan memberikan pendidikan dan latihan keterampilan bagi masyarakat desa sesuai dengan karaktersitik dan potensi alam, mengembangkan usaha masyarakat desa dengan membentuk unit usaha produktif, serta Mengoptimalkan pemanfaatan potensi alam yang tersedia dengan memperhatikan kelestarian alam.
 
Pelaksanaan program Desa Vokasi secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebak, Wawan Ruswandi bertempat di Desa Sukasenang, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak bertempat di PKBM Wiyatabakti, Senin (26/7/2016).

Dalam sambutannya, Wawan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan berkesinambungan, berkelanjutan dan terintegrasi dengan kegiatan lainnya di bidang Dikmas, selain pelatihan keterampilan dan kecakapan hidup untuk masyarakat desa Sukasenang dan warga belajar PKBM Wiyatabakti, juga didukung oleh penguatan program lainnya diantaranya kesetaraan dan keaksaraan untuk menunjang SDM masyarakat desa dan diharapkan output dari kegiatan ini diantaranya dapat membentuk ekosistem perekonomian masyarakat desa melalui home industri dan usaha peningkatan pendapatan keluarga.

“PKBM harus mampu melakukan terobosan-terobosan di bidang pendidikan masyarakat sehingga manfaat dari keberadaan PKBM dapat dirasakan oleh masyarakat. selain pendidikan kesetaraan, keaksaraan dan pendidikan anak usia dini, PKBM bisa membangun jaringan usaha melalui Kelompok Belajar Usaha dan sejenisnya dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi ekonomi yang ada dan bisa dikembangkan dengan sesuai dengan karakteristik desa dan potensi alam yang ada” Ujarnya.

Sementara itu Ketua PKBM Wiyatabakti, Habibullah menjelaskan bahwa program desa vokasi selain ditujuan untuk membina dan melatih keterampilan/kecakapan hidup kepada peserta program, PKBM juga akan mengarahkan peserta program untuk dapat merintis unit-unit usaha melalui kelompok belajar usaha dan UP2K. Menurut habib, rangkaian kegiatan desa vokasi ini harus bisa diintegrasikan dengan berbagai program kegiatan lainnya sehingga tujuan dari program ini bisa tercapai. (HD)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 3 =

Rekomendasi Berita