by

Pemkab Nias Barat Gelar Rakor Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd pimpin rapat koordinasi pembangunan kawasan ekonomi khusus, pendirian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pembangunan kawasan perkotaan dan pembukaan lahan pengembangan perkebunan tapioka yang di laksanakan di Onolimbu Rabu,24/08/2016.
Ketua panitia Drs. Darman Gulo (Kepala Kesbangpol) dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini berawal atas petunjuk Bupati & Wakil Bupati Nias Barat, sebagai tindak –lanjut dari kunjungan Beliau di beberapa lokasi demi tercapainya percepatan pembangunan daerah berbasis kawasan.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd, dalam arahannya menegaskan bahwa dalam 4 bulan memimpian sejak pelantikan, ada beberapa hal yang telah kita capai dan lakukan seperti halnya penataan birokrasi pemerintahan yang merujuk kepada perbaikan kinerja, disiplin dan sinergitas antara pelaku kebijakan di daerah, dengan beberapa pihak guna percepatan pembangunan.

Menurut Bupati bahwa Kawasan Pembangunan Ekonomi Khusus (KPEK) seluas 250 hektar harus disiapkan, dengan tiga alternatif calon lokasi yaitu : Calon Pertama  Area dari Muara Moro’o ke Perbatasan Oyo Kab. Nias Utara dan Kedua, Area dari Desa Lahusa, Hilimberua Na’a menuju perbatasan Kecamatan Hilisalawa Ahe Kab. Nias Selatan, sedangkan Calon Ketiga yaitu Kawasan wilayah Sitolubanua ke perbatasan Sisarahili Lolowa’u. Maka dari itu, Rakor yang dilaksanakan ini, melibatkan semua pihak, seperti Kades se-Kabupaten Nias Barat dan para tokoh masyarakat.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan tentang berbagai kemudahan telah diterapkan, dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dan rekanan, serta diimplementasikan di seluruh SKPD, bahkan telah kita inisiasikan pembentukan tim pengendali kegiatan pembangunan daerah, yang langsung di koordinir Wakil Bupati sebagai bentuk perwujudan dalam mempercepat proses pelaksanaan visi dan misi pemerintah daerah.

Sebelumnya di tempat yang sama Wakil Bupati Khenoki Waruwu, pada penyampaiannya menekankan bahwa instrumen program pembangunan daerah yang bersinergi dan berkelanjutan sebagai upaya pemerintah mempercepat proses pembangunan daerah maka, Wakil Bupati per tanggal 24 Agustus 2016, berkantor di Dinas Pekerjaan Umum bersama tim pengendali lainnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Ir. Nitema Gulo, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, ada tiga pihak pelaku percepatan pembangunan daerah yaitu ; Bupati dan Wakil Bupati sebagai pemegang kebijakan akhir, SKPD dan jajarannya serta partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat. Sehingga ketika ketiga kekuatan ini bersatu, maka Visi/Misi kepala Daerah menjadi Sukses.

Selanjutnya rapat koordinasi ini  dilanjutkan dengan paparan Assisten I – Sabaeli Gulo, S.IP tentang draft pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus yang bekerjasama dengan Pengusaha dari Singapore. Usai diskusi yang dipandu Sekda Zemi Gulo, SH dilanjutkan dengan penandatanganan dan serah terima Berita Acara kesepakatan antara Pemerintah dan Lembaga Legislatif yang diwakili Ketua DPRD. Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa, para Camat dan seluruh SKPD, Ketua dan Anggota DPRD Nias Barat serta Tokoh Masyarakat. (S.Gulo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 7 =

Rekomendasi Berita