by

PLN Area Nias Sosialisasikan Program Unggulan Tahun 2018

PLN Are Nias saat sosialisasikan program unggulan.[Khris Tel/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zega hadiri sosialisasi pembangunan kabel tanah di Aula Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi,  Senin (30/04).

Pada sosialisasi yang diselenggarakan oleh PT. PLN (Persero) Area Nias, Sekda Kota Gunungsitoli mengatakan banyaknya gangguan listrik yang dialami selama ini dan mengakibatkan penyaluran listrik terganggu khususnya Kota Gunungsitoli.

“Banyaknya gangguan jaringan listrik di wilayah Kota Gunungsitoli disebabkan oleh faktor alam”. ucap Agustinus dihadapan para peserta sosialisasi.

Lebih lanjut, sekda Kota Gunungsitoli juga menyampaikan dukungan Pemerintah Kota Gunungsitoli kepada PLN Area Nias pada rencana pembangunan jaringan listrik bawah tanah.

“Atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli, kami mendukung kegiatan PLN Area Nias dalam pembangunan jaringan kabel bawah tanah dan berharap dukungan dari Kecamatan, Desa serta masyarakat mendukung kegiatan ini demi kebaikan bersama”. Tuturnya.

Sekda juga menghimbau pihak PLN agar selalu koordinasi dengan pihak terkait sehingga pengguna jalan maupun masyarakat tidak terganggu saat menjalankan aktivitas.

Poltak Samosir yang menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut menjelaskan jika salah satu program ungulan PLN Area Nias tahun ini adalah “Penarikan Kabel Tanah Keandalan Kelistrikan Nias”.

“PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara Area Nias tahun ini akan membangun kabel bawah tanah yang dimulai dari PLTG Idanoi sampai kantor PLN Area Nias di Jl. Gomo yang melintasi sepanjang jalan umum” tutur Manajer PLN Area Nias itu.

Lebih lanjut Poltak menyampaikan materinya terkait kondisi kelistrikan yang ada saat ini di Pulau Nias.

“Kondisi Sistem kelistrikan PLN Nias saat ini terintegrasi dengan penghantar udara tegangan menengah. Ada pun kendala yang sering terjadi dengan menggunakan penghantar udara tegangan menengah antara lain : rawan gangguan karena sentuhan pohon, binatang, layang-layang atau petir; butuh pemeliharaan rutin dari pembersihan jaringan dari sentuhan pohon; lebih rentan terjadi padam karena gangguan; dan membutuhkan pemadaman untuk pemeliharaan jaringan” tuturnya.

Sedangkan untuk Rekapitulasi event Gangguan HUTM/Kabel Udara Penyulang Express Februari s.d April 2018 mencapai 12 kali padam, lama padam 163 menit dengan keterangan 11 kali padam yang di sebabkan oleh sentuhan pohon.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, tampak hadir Camat Gunungsitoli Idanoi, mewakili Dandim 0213/Nias, mewakili Kapolres Nias, mewakili Dinas PUPR, Kepala Desa dan para undangan lainnya. (Kris Tel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =

Rekomendasi Berita