by

Puluhan Sumur Warga Kaki Gunung Kelud Amblas

Foto:Taufiq DK/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, KEDIRI – Puluhan sumur air yang mengalami ambles terjadi di Desa Manggis Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Desa Manggis tersebut berada di kaki Gunung Kelud yang meletus terakhir tahun 2014, yang memiliki ketinggian 1,731 meter merupakan salah satu gunung yang cukup aktif di Indonesia.

Amblasnya sumur-sumur itu terjadi sejak tiga hari terakhir. Sumur itu termasuk kontruksi bangunan bibir sumur, tenggelam ditelan bumi hingga hanya meninggalkan lubang menganga dengan diameter antara 2-3 meter.

Sampai dengan hari ini, jumlah sumur yang ambles sebanyak 64 sumur yang tersebar di tiga dusun, yaitu Dusun Nanas, Dusun Dorok, serta Dusun Jambean yang semuanya ada di Desa Manggis Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

“Sampai saat ini ada 64 sumur yang amblas, yaitu di Dusun Nanas, Dusun Dorok, serta Dusun Jambean,” ujar Sunardi, sekretaris desa Manggis, Jumat siang (28/4/2017).

Diperkirakan jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat hampir seluruh warga mempunyai sumur. Dan warga khawatir jika timbul bencana alam yang di tandai dengan fenomena amblesnya puluhan sumur yang ada di wilayahnya.

“Warga banyak yang khawatir dengan banyaknya sumur yang ambles, takut jika terjadi bencana alam” ungkap Saelan, warga Manggis.

Atas fenomena alam ini Pelaksana Tugas (Plt) Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kediri Randy Agatha mengatakan, telah menerjunkan timnya untuk melakukan pemeriksaan kejadian itu. BPBD belum dapat menyimpulkan penyebab fenomena alam itu.

“Kejadiannya begitu cepat dan jumlah sumurnya yang ambles dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, kita langsung mengirimkan surat ke PVMBG Bandung untuk menindaklanjuti adanya fenomena ini,” kata Randy.


Sementara itu untuk pemanfaatan air dari sumur yang ambles, untuk sementara ini dilarang untuk dipergunakan beraktifitas mandi, cuci dan lain-lain, sampai dinyatakan aman di konsumsi dan aman untuk dipergunakan beraktifitas.

Sebagai gantinya, pemerintah daerah kabupaten Kediri melakukan pendistribusian air untuk membantu pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga.(PICK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − three =

Rekomendasi Berita