by

Ramadhan 1438 H Dompet Dhuafa Zakat 360 Wujud Semangat Membuka Belenggu Kemiskinan

Foto/harto/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga.

Selama 23 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Siang ini Dompet Dhuafa menyelenggarakan Konferensi pers Ramadhan 1438 H dengan Thema Zakat 360 Buka Belenggu Kemiskinan bertempat di Gado – gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat. Rabu (10/5/2017).

Gerakan tersebut hadir sebagai gaya hidup berzakat yang terus menyatu dalam budaya Indonesia. Dimana zakat menjadi kebisaan wajib ditunaikan umat Islam dan mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan.

Pada Ramadhan kali ini Kami terus menyerukan gerakan kebaikan dari berzakat, karena dengan zakat, infak, sedekah serta wakaf, telah terbukti mampu mengangkat kaum dhuafa menjadi insan yang berdaya sehingga semangat zakat 360 buka belenggu kemiskinan serasa cocok menjadi semangat kita semua dalam menghadirkan gerakan kebaikan di Ramadhan ini , ujar Imam Rulyawan, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Guna menggelorakan semangat tersebut, Domoet Dhuafa kampanye Zakat 360, dan melalui kampanye tersebut Dompet Dhuafa berupaya mensyiarkan dan mengedukasi masyarakat terkait kekuatan zakat bagi pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Dalam mengelola gerakan kebaikan bersama dari kekuatan zakat, kami terus berupaya mengajak publik untuk berkontribusi terhadap Indonesia melalui zakat, dengan kita mengeluarkan kewajiban 2,5 persen dari penghasilan setiap bulan dan disalurkan melalui lembaga pengelola zakat yang kredibel dan tentu akan semakin mudah memberdayakan sesama , tutur Imam.

Imam menerangkan selain sebagai kewajiban dan membersihkan harta bagi yang menunaikannya. Zakat merupakan salah satu ibadah yang memiliki dimensi sosial. Terlebih pada semangat zakat 360 mengajak masyarakat untuk bersama – sama menjadikan zakat sebagai kunci pembuka belenggu kemiskinan di Negeri ini.

Selain itu Dompet Dhuafa juga bekerjasama dengan perusahaan e- commerce dan digital. Dompet Dhuafa tetap setia menghadirkan layanan jemput zakat, konsultasi 24 jam online seputar ZISWAF dan tema keislaman.

Selama bulan Ramadhan Dompet Dhuafa berusaha menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan masyarakat melakukan amal kebaikan.

Imam menambahkan, untuk menguatkan gerakan tersebut beberapa program selama Ramadhan 1438 H telah dirancang Dompet Dhuafa, dari 1438 kantong darah untuk peduli Thalasemia, Festival Kuliner, berbagi parsel lebaran, sahabat berbagi harapan, mudik berkah dan aman, Ramadhan di Suriah dan Somalia serta beberapa program lain siap menyemarakkan bulan penuh berkah dan ampunan ini.

Program – program tersebut tentu tak berdampak banyak tanpa adanya dukungan dari masyarakat semua, karena dengan gerakan bersama akan semakin mudah mewujudkan bahwa zakat dan keberkahan Ramadhan dapat membuka belenggu – belenggu kemiskinan yang ada ,Imam ungkapnya. (hrt)

Comment