Royalti Karya Cipta, Nada Sumbang dalam Demokrasi 

Opini99 Views

 

 

Penulis : Tonny Hawaii | Wartawan, Pengamat dan Praktisi Musik

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Ketika musisi terjun ke politik membawa idealisme, seperti membawa napas segar bagi industri musik. Karena begitu banyak harapan yang dititipkan oleh sesama musisi lain. Harapan tentang Karya Cipta yang masih belum berpihak pada musisi itu sendiri

Dengan terpilihnya musisi menjadi anggota legislatif, ternyata, tidak menjadikan UU Karya Cipta mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari pemerintah. Pemerintah seolah tutup telinga terhadap gejolak ketidakadilan hak para musisi.

Belum lama, tengah ramai Direct License yang digaungkan oleh AKSI yang dikomandoi oleh Achmad Dani dan kawan-kawan. Mereka menuntut royalti terhadap Live Event atau pertunjukan musik secara langsung tanpa melalui LMK atau LMKN.

Aksi yang dilakukan AKSI memang membawa harapan baru saat LMK dan LMKN terlalu nyaman dalam ruang AC yang sejuk. LMKN sebagai lembaga legal masih membawa tanggung jawab untuk mengumpulkan dan membagikan royalti Karya Cipta dengan adil dan transparan.

Di sini lah seharusnya pemerintah hadir! Di sinilah para musisi yang menjadi anggota legislatif harus berani tampil beda bukan cuma lantang saat cari suara. Tunjukan bahwa kalian memang musisi sejati bukan musisi yang cuma datang, duduk, diam dan pulang.

Lembaga Legislatif harus berani memberi efek kejut kepada Lembaga eksekutif agar lebih bersungguh-sungguh dan lebih jujur dalam menerapkan UU karya cipta, sehingga LMK dan LMKN amanah kepada musisi yang memberi masukan pajak tidak sedikit pada negara.

Sekarang adalah momentum ke sekian kali untuk kita lebih keras bersuara kepada musisi yang masih “dengan tanpa malu” melacurkan diri lewat banner, poster, spanduk pemilu untuk maju sebagai wakil rakyat yang kelak tidak merakyat seperti yang sudah-sudah!

Wahai calon wakil rakyat 2024 yang mewakili para musisi, semoga kalian tak melupakan akar yang menjadikan kalian bertumbuh! Kami para musisi mengawasimu.[]

Salam musik Indonesia!
Merdeka!

Comment