by

Rumbah, Kuliner Khas Pantura Jabar, Pedas Tapi Bikin Ketagihan

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM,  SUBANG- Pantura atau pantai utara Pulau Jawa memiliki kultur dan kekhasan yang hampir serupa baik dari bahasa, seni budaya dan kulinernya.

Di wilayah Pantura Jawa Barat terutama daerah Subang, Karawang, Indramayu, dan Cirebon terdapat makanan khas dari bahan sayuran yang dikukus dengan sebutan ‘rumbah’.

Rumbah tidak asing bagi warga sepanjang pantai utara Pulau Jawa khususnya yang masuk wilayah Jawa Barat. Sekilas rumbah mirip dengan lotek yang sebagian besar ada di seluruh wilayah jawa terutama Jawa Barat.

Rumbah memang menyerupai lotek bahan sayurannya sudah direbus atau dikukus. Beda halnya dengan karedok yang dengan bahan sayuran tapi masih mentah atau tak dikukus. Sayuran yang digunakan untuk bahan rumbah juga tidak jauh beda dengan lotek.

Rumbah mempunyai ciri khas tersendiri yaitu bumbu pedasnya disiramkan jadi tidak diulek dadakan atau bukan diulek seperti lotek . Selain itu juga rumbah mempunyai cita rasa yang eksotik.

Cabe rawit dikukus, bawang merah beberapa biji saja, kacang tanah goreng ditumbuk agak kasar, asem secukupnya, gula merah secukupnya, garam, penyedap dan tambahan lain sesuai sesuai selera misalnya ubi, kentang atau oncom.

Semuanya diulek sehingga merata dan ketika akan disajikan campurkan dengan air hangat secukupnya agar encer dan mudah siramkan pada sayuran yang sudah direbus atau dikukus terlebih dahulu.

Rumbah cocok untuk dimakan dengan nasi maupun hanya untuk sekedar jajanan. Jangan lupa gorengan bala-bala, tempe tepung dan kerupuk sebagai teman makan rumbah.

Penasaran? Silahkan mencobanya jika anda berkunjung ke wilayah Kecamatan Cilamaya, Karawang dan Blanakan, Subang atau wilayah seputar Kabupaten Indramayu sampai Cirebon, Jawa Barat dan wilayah lainnya sekitar pantai utara Jawa Barat.(SP/Nanang S)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 13 =

Rekomendasi Berita