by

Satu Orang Dikabarkan Hilang Saat Sekoci Terbalik di Perairan Tanjung Kalian Bangka Barat

 

RADARINDONESIANEWS.COM, BANGKA BARAT – Sebuah kapal sekoci milik KMP Musi 1 dikabarkan terbalik di Perairan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (20/09/2021).

Sebanyak lima orang penumpang sekoci tersebut, terjatuh ke laut akibat terjangan ombak besar. Seorang diantaranya belum ditemukan.

Informasi yang diperoleh dari Polres Bangka Barat, diketahui KMP Musi 1 lego jangkar di perairan yang tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok pada Minggu (19/09/2021) malam.

Esok harinya sekira pukul 15.30 WIB, lima orang masing-masing Masinis 1 Jatmiko, Masinis 2 Sumardi, Masinis 3 Rifki, serta Kadet kapal Yogi dan Mandor Faki turun dari kapal, lazimnya saat sandar. Setelah itu mereka kembali ke kapal dengan menumpang sebuah sekoci.

“Setengah perjalanan dengan keadaan laut pasang, kapal sekoci diterjang gelombang tinggi yang mengakibatkan sekoci terbalik dan tenggelam,” kata Kasat Polair Polres Bangka Barat, AKP Candra Wijaya, Selasa (21/09/2021).

Saat tenggelam di tengah laut, kelimanya membuat formasi penyelamatan diri dengan membentuk lingkaran.

“Terombang-ambing kurang lebih satu jam dan mengalami kelelahan. Beruntung ada kapal nelayan yang lewat untuk berteduh dari gelombang, segera melakukan pertolongan satu-persatu. Akan tetapi Masinis 1 sudah tidak terlihat lagi,” terangnya.

Ia menambahkan, proses evakuasi dan pencarian korban menggunakan kapal patroli milik Satpolairud Polres Bangka Barat, TNI AL dan kapal nelayan. Empat korban yang selamat malam itu juga dilarikan ke RSUD Sejiran Setason, Muntok.

Kegiatan pencarian untuk sementara dihentikan akibat air laut pasang naik disertai gelombang tinggi dan angin kencang. Dan dilanjutkan Selasa (21/09/2021), dengan melibatkan Basarnas. (DI/IM)

Comment

Rekomendasi Berita